Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:48:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-07-12T03:01:30Z2019-07-12T03:01:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64545This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/645452019-07-12T03:01:30ZPENCAPAIAN INDIKATOR TAHAP SIMBOLIK DALAM KEGIATAN MELUKIS PADA ANAK TK KELOMPOK A SE-GUGUS 03 KECAMATAN KRETEK BANTULPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian indikator tahap simbolik dalam kegiatan melukis pada anak TK Kelompok A Se-Gugus 03 Kecamatan Kretek, Bantul dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pencapaian indikator tahap simbolik dalam kegiatan melukis pada anak TK Kelompok A Se-Gugus 03 Kecamatan Kretek, Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini ada 45 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Instrumen analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif. Uji validitas yang digunakan validitas konstruk (experts judgment).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, rata-rata pencapaian indikator tersebut, berada pada kategori baik, sebanyak 67% dari empat aspek, diantaranya pada: (1) aspek pola sebanyak 77%, masuk kategori baik; (2) aspek bentuk sebanyak 57%, masuk kategori cukup; (3) aspek warna sebanyak 62%, masuk kategori baik; dan (4) aspek memberi nama 56%, masuk kategori cukup. Adapun faktor internal yang dapat menghambat dalam belajar yaitu karakteristik siswa, sikap belajar, konsentrasi belajar, menggali hasil belajar, rasa percaya diri, sedangkan faktor internal yang mendukung yaitu motivasi dan mengolah bahan ajar. Faktor eksternal yang menghambat dalam belajar yaitu guru, lingkungan sosial, sarana dan prasarana.
Kata Kunci: indikator tahap simbolik, kegiatan melukis, anak TK Kelompok AKhasanah Berta Lailipaud@uny.ac.id