Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T04:36:00ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-23T01:09:46Z2019-10-01T11:34:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45073This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/450732016-12-23T01:09:46ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
DI SMP N 5 DEPOKMata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk
membekali mahasiswa agar memiliki keterampilan dalam bidang pembelajaran dan
manajerial di sekolah ataupun lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan
kompetensi keguruan dan kependidikan. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
merupakan salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan yang telah
berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang
baik dan profesional. Mata kuliah ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa
kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang
telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Mahasiswa juga dapat belajar dari
lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna
pembangunan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Selain itu, program PPL ini
merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada
masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Dalam hal ini masyarakat sekolah
turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PPL.
Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 5 Depok dilaksanakan pada tanggal 15 Juli
- 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi 3 tahapan
yaitu, persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Adapun pelaksanaan
program PPL tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan
mengajar, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, pelaksanaan piket guru,
serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa
agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap
praktik mengajar, mahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yag meliputi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pada tahap
pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial diberi
kesempatan untuk mengajar di kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D dengan
alokasi waktu 2 x 40 menit dan untuk setiap pertemuan. Permasalahan yang ditemui
mahasiswa PPL di SMP Negeri 5 Depok adalah pengondisian siswa di kelas dan
media yang interaktif yang juga berkesinambungan terhadap materi ajar.Secara umum kegiatan PPL bertujuan melatih mahasiwa untuk menerapkan
pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses
pembelajaran sesuai dengan bidang studinya., sehingga mahasiswa memiliki dapat
memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan
kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya dengan pendidikan. Hasil
yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata
berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses
pembelajaran dan pengeolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta
keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh.
Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi
pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan
pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara
mahasiwa PPL dengan siswa-siswa, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan
siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Namun secara umum
kegiatan PPL tersebut berjalan secara lancar.Bernadus Kuncahyo Hadi Bernadus Kuncahyo Hadi