Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:57:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-06T08:49:00Z2019-10-01T11:34:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50520This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/505202017-07-06T08:49:00ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMK N 2 PENGASIHPelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata
kuliah praktek lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri
Yogyakarta dengan bobot 3 SKS. Visi dari PPL adalah wahana pembentukan calon
guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu misi dari PPL adalah
penyiapan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki
nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
semester khusus 2016 yang berlokasi di SMK Negeri 2 Pengasih telah dilaksanakan
oleh mahasiswa selama 2 bulan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September
2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 39 mahasiswa dari program Studi
Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Pendidikan Teknik Elektronika,
Pendidikan Teknik Informatika, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik
Mekatronika, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Otomotif.
Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan
observasi. Observasi ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program
PPL yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses
pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa, dan mengetahui proses
pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau
bimbingan dengan guru pembimbing dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan
PPL. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan
terbimbing di dua kelas, yaitu kelas X TKBB 1 dan X TKBB 2 dengan mata
pelajaran Ukur Tanah dan Mekanika Teknik. Dari keseluruhan praktik mengajar
praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 13 kali tatap muka dengan total 52
jam pelajaran. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah persiapan
administrasi mengajar, melakukan praktik mengajar dan evaluasi.
Dari Praktik Pengalaman Lapangan ini mendapatkan pengalaman yang nyata
baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun non mengajar. Dari pengalaman
mengajar, mahasiswa memperoleh pengalaman situasi dan kondisi nyata dalam kelas
dengan berbagai permasahalan yang terjadi. Sementara dari pengalaman non
mengajar mahasiswa memperoleh pengalaman berbagai kegiatan yang guru kerjakan
dalam mendukung jalannya kegiatan belajar mengajar. Seluruh pengalaman yang
didapatkan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai
calon tenaga pendidik dalam dunia pendidikan.Beny Rizki Praseptiyono Beny Rizki Praseptiyono