Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:52:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-13T01:45:04Z2015-07-13T01:45:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23340This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/233402015-07-13T01:45:04ZKONSTRUK LITERASI INDONESIA
UNTUK SEKOLAH DASARStudi literasi yang dilakukan oleh lembaga literasi Internasional, seperti PISA, TIMSS, dan PIRLS menunjukkan hasil yang konsisten, yakni bahwa kemampuan literasi anak Indonesia masih sangat rendah. Hal ini mengindikasikan lemahnya kemampuan membaca anak Indonesia dan ketidaksinkronan tes dengan kondisi Indonesia. Hasil survey tersebut melecut pemerintah untuk menyegerakan diberlakukannya Kurikulum 2013, sebuah Kurikulum berbasis teks.
Kurikulum berbasis teks tentu dapat dipandang sebagai solusi terbaik. Meskipun demikian, usaha ini dinilai tidak sempurna dan terkesan tergesa-gesa. Ketergesaan ini pun mengundang dan mengandung banyak masalah. Alih-alih meningkatkan literasi anak Indonesia, kondisi yang sebaliknya justru terjadi. Hal ini terjadi karena konstruk literasi versi Indonesia yang seharusnya dijadikan landasan, justru belum dibuat. Padahal, konstruk literasi inilah yang akan mendasari penyusunan tes dan mengarahkan materi ajar.
Konstruk literasi untuk SD adaptasi dari PIRLS terdiri atas teks sastra dan nonsastra. Sastra berisi cerita pendek, berplot tunggal, dua karakter utama, sebuah peristiwa, disajikan dengan berbagai gaya dan fitur bahasa, serta dilengkapi dengan ilustrasi pendukung. Nonsastra berisi teks pendek, dilengkapi dengan fitur-fitur diagram, peta, ilustrasi, foto, atau tabel. Materi berkisar pada sains, etnografik, biografik. sejarah, ide dan informasi praktis. Teks distukturkan ke dalam jenis logis, argumentasi, kronologis, dan topik. Organisasi teks berbentuk subheading, teks kotak biasa, dan daftar.Musfiroh, Dr., S.Pd., M.Hum. TadkiroatunLestyarini Beniaty