Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:02:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-16T01:31:05Z2019-10-01T14:49:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52129This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/521292017-08-16T01:31:05ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN KKN-PPL
SMA N 1 GODEAN
SLEMAN YOGYAKARTAPraktekpengalamanlapangan ( PPL ) mempunyaimisisebagaiwahanapembentukandanpeningkatankemampuankeprofesionalan. Program pengalamanlapanganmerupakankesempatanbagimahasiswauntukmempraktikanberagamilmu yang bersifatteoritis, olehkarenaitupadasaat PPL inimahasiswaberkesempatanmenerapkanberagamteori-teoritersebutdansekaligusmenimbailmusecaraempirik, tidaksekedarmengetahuisuatuteori, tetapilebihjauhlagimerekajugamemilikikemampuanuntukmenerapkanteoritersebut, tidakhanyadalamsituasistimulasitetapidalamsituasisebenarnya. PPL inibertujuanuntukmendapatkanpengalamantentang proses pembelajarandankegiatanpersekolahanlainnya yang digunakansebagaibekaluntukmenjaditenagapendidikdalamarti guru yang memilikinilai, sikap, pengetahuan, danketerampilan yang dibutuhkandalamduniapendidikan.
Kegiatan PPL merupakanpelaksanaankegiatanpembelajaransesuaidengankompetensi yang dimilikiolehmahasiswadalambidangpendidikan. PPL UNY tahun 2013 yang bertempat di SMA NEGERI 1 GODEANdimulaidilaksanakanpadatanggal18 juli 2013 sampai 17 september 2013. Dalamhalini PPL melakukankegiatanmengajarbaik yang bersifatterbimbingmaupun yang bersifatmandiri. Dalamkegiatan PPL mahasiswamenjalankan program mengajar minimal 10 kali tatapmuka. Program mengajarmenggunakanmetodeceramah, demonstrasi, tanyajawab, komando, TGFU,Disksi, koreksidiri. Untukmendukungmetode yang digunakanpadasaatmengajarmakadibutuhkan media pendukungmeliputigambar, sertabukureferensi.
Hasildarikegiatan PPL yaitumengajarsebanyak15 kali tatapmukadikelasX IPS 2, XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3.Adapunbeberapahambatanpadawaktumengajar di lapanganyaitupengelolaankelaspadapertemuanawal yang kurangbaikkarenamasihsedikitcanggung. Tetapipraktikanberusahauntukmengatasi agar kegiatan PPL tetapterlaksanadenganbaik. Denganadanyakegiatan PPL ini, praktikanmendapatkanbekalpengalamandangambaran yang nyatatentangkegiatandalamduniapendidikan ( mengajar ). Adanyakerjasama, kerjakeras, disiplin, akanmendukungterlaksananya program-program PPL denganbaik. Denganterselesaikannyakegiatan KKN-PPL inidiharapkandapatterciptanyatenagapendidik yang profesionaldanberkualitas.Bayu Nugroho Putro Bayu Nugroho Putro