Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:01:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-08-07T11:02:41Z2019-01-30T01:35:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24579This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/245792015-08-07T11:02:41ZHubungan Lingkungan Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat Terhadap
Karakter Siswa SMK Negeri 2 Wonosari Kelompok TeknologiHubungan Lingkungan Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat Terhadap
Karakter Siswa SMK Negeri 2 Wonosari Kelompok Teknologi
Oleh :
Bayu Ananta
NIM. 08505244033
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi karakter siswa,
lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat siswa SMK
Negeri 2 Wonosari kelompok teknologi; (2) hubungan antara lingkungan sekolah,
keluarga, dan masyarakat dengan karakter siswa SMK Negeri 2 Wonosari
kelompok teknologi.
Populasi penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Wonosari kelompok
teknologi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah sampel ditentukan
berdasarkan pada tabel Isaac & Michael dengan mengambil tingkat kesalahan α
sebesar 5%. Jumlah sampel setiap kelas diambil secara proportional terhadap
populasi yang bersangkutan. Sampel dipilih secara random pada setiap kelas,
dengan cara tersebut diperolah jumlah sampel sebanyak 243 siswa terdiri atas
kelas X = 121 siswa dan kelas XI = 122 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini diuji
dengan analisis korelasi parsial dan analisis regresi metode stepwise dengan
bantuan program SPSS v.17.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kondisi karakter siswa kategori
baik (42,03%); Kondisi lingkungan sekolah kategori sedang (50,20%); Kondisi
lingkungan keluarga kategori baik (41,5%); Kondisi lingkungan masyarakat
kategori sedang (48,15%). (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara lingkungan sekolah dengan karakter siswa SMK Negeri 2 Wonosari
kelompok teknologi (p < 0,05; Rx1-y = 0,174); (2) terdapat hubungan yang positif
dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan karakter siswa SMK Negeri 2
Wonosari kelompok teknologi (p < 0,05; Rx2-y = 0,219); (3) terdapat hubungan
yang positif dan signifikan antara lingkungan masyarakat dengan karakter siswa
SMK Negeri 2 Wonosari kelompok teknologi (p < 0,05; Rx3-y = 0,209); (4)
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah,
keluarga, dan masyarakat dengan karakter siswa SMK Negeri 2 Wonosari
kelompok teknologi (p < 0,05; R(x1,x2,x3) - y = 0,241). Sumbangan efektif ubahan
lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat secara
bersama-sama sebesar 0,58 (5,8%); dengan persamaan garis regresi
Y = 130,529 + 0,086X1 + 0,226X2 + 0,197X3.
Kata kunci: Karakter, Lingkungan, Siswa SMKAnanta Bayu