Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:46:17ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-22T06:51:06Z2019-01-30T09:42:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35078This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/350782016-06-22T06:51:06ZKRITIK IDEOLOGI
MODEL PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING
DI SEKOLAH DASAR NEGERI MONGGANG, BANTULPara praktisi pendidikan di Indonesia banyak yang tidak sadar bahwa
mereka tengah berada dalam kontestasi ideologi melalui arena pendidikan.
Peneliti ingin menelisik dan menyingkap tabir ideologis model pembelajaran
direct learning di SDN Monggang, Bantul. Penelitian ini dilakukan untuk
menggambarkan implementasi direct learning, melacak modus operasi ideologi,
persebaran bentuknya, derivasi ideologis, praktek dominatif dan hegemonik yang
terdapat di dalam model pembelajaran direct learning.
Penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif deskriptif. Objek penelitian
adalah proses pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa kelas 2 SDN
Monggang, Bantul. Teknik penelitian berbentuk observasi non partisipasi.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik perekaman kamera dan suara serta
depth interview kepada guru dan siswa. Analisis data menggunakan triangulasi
data dan hipotesis kerja.
Hasil penelitian memperlihatkan fakta bahwa direct learning yang
dilaksanakan tanpa melakukan analisis karakteristik mata pelajaran dan jenis
pengetahuan. Direct learning beroperasi pada modus teacher centered approach
dengan menggunakan psikologi behaviorisme kaku yang menjadikan guru sebagai
subjek pebelajar dan siswa sebagai objek belajar. Hegemoni kekuasaan di kelas
sangat terasa dikuasai oleh guru yang dapat dilacak melalui teacher centered
approach, dimana guru menjadi penguasa dan pemilik pengetahuan, sosok yang
selalu menentukan citarasa dan rational choices siswaMirza Bashiruddin Ahmad