Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:49:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-18T03:30:35Z2019-01-29T23:45:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20914This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/209142015-06-18T03:30:35ZKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 DEPOK, SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan keterampilan menulis puisi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media film pendek dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa model pembelajaran sinektik berbantuan media film pendek, serta (2) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran sinektik berbantuan media film pendek dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja yaitu tes kinerja menulis puisi disertai unsur-unsur pembangun puisi. Validitas yang digunakan adalah expert judgment. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok yang menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media film pendek dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa model sinektik berbantuan media film pendek. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t pada skor postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa diperoleh nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05) sehingga dinyatakan signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa (2) model pembelajaran sinektik berbantuan media film pendek efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok. Hal tersebut terbukti dari hasil uji-t pada selisih skor pretes ke postes serta selisih rata-rata hitung kemampuan menulis puisi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diperoleh hasil nilai p lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) sehingga signifikan. Selain itu, selisih pemerolehan rata-rata hitung pada kelompok eksperimen pada saat pretes dan postes lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Hasil selisih rata-rata hitung pada kelompok eksperimen adalah sebesar 3,83 sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 1,08.Thoufanie Barikly