Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:31:41ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-14T03:59:53Z2016-07-14T03:59:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36391This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/363912016-07-14T03:59:53ZPENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SCIDIPRO DALAM
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMK
MELALUI LESSON STUDYTujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran SciDiPro
berbasis lesson study dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMK Teknik
Pemesinan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan model berdasarkan
Richey & Klein (2010).Pengembangan model melibatkan 10 guru program keahlian teknik
pemesinan se-DIY sebagai subyek penelitian untuk memvalidasi model pembelajaran
SciDiPro (Scientific, Discovery dan Problem Based Learning) berbasis lesson study. Validasi
dilakukan melalui Focus Group Disscussion (FGD).Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara dan angket, sedangkan instrumen yang dilakukan adalah pedoman wawancara
dan kuisioner.Analisis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil
penelitian diperoleh model pembelajaran SciDiPro melalui lesson study yang terdiri dari plan
(komponen pembelajaran), do (isi pembelajaran), see (hasil pembelajaran) dan sasaran layak
untuk dijadikan model pembelajaran. Kelayakan diperoleh melalui FGD pada perangkat buku
pedoman praktis lesson study dengan nilai 3,683 kategori sangat baik, lesson plan pada
perangkat silabus dan RPP dengan nilai 3,33 kategori sangat baik, dan perangkat evaluasi
pembelajaran lesson study dengan nilai 3,32 kategori sangat baik.Munadi Sudji- WidartoWijanarko Bambangbambangwijanarko164@yahoo.co.id2015-06-26T01:15:51Z2019-01-30T00:05:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21503This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/215032015-06-26T01:15:51ZPENGARUH KUALITAS PELAYANAN WI-FI DAN E-LEARNING
TERHADAP MOTIVASI BELAJAR
MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
ANGKATAN TAHUN 2011-2013Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan wi-fi terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2011-2013; (2) pengaruh e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2011-2013; (3) pengaruh kualitas pelayanan wi-fi dan e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2011-2013.
Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2011-2013. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode proportional random sampling, hingga diperoleh 164 sampel mahasiswa dari populasi 279 mahasiswa. Berdasarkan ketersediaan data, jenis data yang digunakan adalah data primer dengan regresi ganda sebagai metode analisanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: (1) kualitas pelayanan wi-fi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. (2) e-learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. (3) secara simultan kualitas pelayanan wi-fi dan e-learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,281 atau 28,1% dapat diartikan bahwa 28,1% motivasi belajar dipengaruhi oleh kualitas pelayanan wi-fi dan e-learning, sedangkan sisanya sebesar 71,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.Wijanarko Bambangbambangwijanarko164@yahoo.co.id