Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:36:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-29T02:41:52Z2019-01-30T10:42:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40668This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/406682016-08-29T02:41:52ZIMPLEMENTASI ALGORITMAFLOYD WARSHALL DAN NEAREST NEIGHBOUR DALAM PENGOPTIMALAN RUTE CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWSCapacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) merupakan masalah penentuan rute tercepat kendaraan untuk memenuhi permintaan konsumen yang terdiri dari pelayanan antar dengan kendala kapasitas kendaraan, time windows, dan kecepatan pada tiap jalur berdasarkan waktu per jam. Permasalahan CVRPTW dapat diselesaikan dengan menggunakan algoritma yang bersifat eksak dan heuristik. Dalam menyelesaikan masalah CVRPTW akan digunakan dua algoritma, yakni algoritma floyd warshall dan nearest neighbour.
Pada penelitian ini, akan dijelaskan mengenai penggunaan algoritma floyd warshall dan nearest neighbourdalam penyelesaian masalah CVRPTW yang kemudian akan diimplementasikan pada data simulasi secara manual dan menggunakan perangkat lunak MatLab. Selanjutnya akan dibandingkan efektifitas kedua algoritma tersebut yang diukur berdasarkan proses dan hasil pembentukan rute.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa algoritma floyd warshall dapat membentuk rute dengan total waktu tempuh yang lebih efektif dibandingkan dengan algoritma nearest neighbour. Namun dalam proses penerapannya, algoritma nearest neighbour jauh lebih cepat dan praktis dibandingkan dengan algoritma floyd warshall.
Kata Kunci:capacitated vehicle routing problem with time windows (CVRPTW), floydwarshall, nearest neighbourIntrada ReviladiSHM Bambang2016-06-08T07:23:06Z2019-01-30T09:29:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34015This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/340152016-06-08T07:23:06ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MATERI PYTHAGORAS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK KELAS VIII SMPPenelitian pengembangan ini untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual pada materi Teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII. Media yang dihasilkan diuji kelayakannya berdasarkan aspek isi dan tujuan, aspek kualitas instruksional serta aspek kualitas teknis.
Model pengembangan ADDIE yang meliputi lima pokok yakni analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluasi (evaluasi). Instrumen yang digunakan yaitu: (1) angket penilaian oleh ahli, (2) angket evaluasi guru dan respon siswa, dan (3) hasil tes belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Mlati kelas VIIIC.
Media pembelajaran yang dikembangkan berbentuk aplikasi yang berisi materi Teorema Pythagoras sesuai dengan SK dan KD. Materi dalam aplikasi dilengkapi dengan apersepsi, kuis dan tes. Selain itu, media juga dilengkapi dengan audio, gambar, dan navigasi yang mudah dipahami dan digunakan oleh siswa. Kualitas media pembelajaran interaktif dilihat dari aspek kelayakan isi dan tujuan temasuk dalam klasifikasi baik dengan presentase sebesar 91,75%, dan 86,25% untuk kualitas instruksional. Aspek kelayakan teknis termasuk dalam klarifikasi baik dengan presentase sebesar 89%. Hasil angket respon siswa menunjukkan aspek keterbantuan belajar siswa sebesar 88,35% dengan kategori sangat positif, aspek pemberian dampak bagi siswa sebesar 79,95% dan aspek penggunaan media sebesar 82.3% dengan nilai rata-rata total 82,83% yang termasuk dalam kategori sangat positif. Hasil posstest yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa adalah 93,3% dengan rata-rata nilai 86,7 yang termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata kunci : media pembelajaran interaktif, teorema pythagoras, pendekatanCeria AndespiSHM Bambang2015-07-09T07:58:12Z2019-01-30T00:54:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22944This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/229442015-07-09T07:58:12ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK PERMAINAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK SISWA SMP KELAS VIISilfia YulianisSHM Bambang