Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:22:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-30T08:14:47Z2019-01-30T05:10:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27813This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/278132015-10-30T08:14:47ZPENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI
PEMBELAJARAN KOLABORATIF BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS
4 SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI 2 BANTULPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak dengan hambatan tunarungu melalui pembelajaran kolaboratif bagi siswa kelas 4 SD di SLB Negeri 2 Bantul.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah 4 orang siswa tunarungu kelas 4 Sekolah Dasar di SLB Negeri 2 Bantul. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dimana siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes keterampilan sosial berupa pengamatan akan prilaku siswa selama pelaksanaan pembelajaran, observasi prilaku siswa dalam berhubungan dengan orang lain dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penyajian data dalam bentuk tabel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan sosial anak tunarungu dapat ditingkatkan dengan penerapan pembelajaran kolaboratif. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan hasil tes keterampilan sosial siswa yang terus meningkat di setiap siklus, dari perolehan nilai dibawah KKM yaitu 60% dari nilai maksimal tes keterampilan sosial pada hasil Pre test hingga seluruh siswa memperoleh nilai diatas KKM pada tes pasca tindakan siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial anak tunarungu kelas 4 SD di SLB Negeri 2 Bantul dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kolaboratif.Hatimatussa’adah Baiq