Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:30:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-09-18T01:39:48Z2019-01-30T03:31:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26332This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/263322015-09-18T01:39:48ZPENGEMBANGAN MODUL TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR PADA MATA
PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO
VIDEO DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTAPENGEMBANGAN MODUL TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR PADA MATA
PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO
VIDEO DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
Oleh :
Bagus Aji Yusman Setiawan
NIM 11502244003
ABSTRAK
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan
modul Teknik Elektronika Dasar pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar
Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Yogyakarta;
dan (2) mengetahui kelayakan modul Teknik Elektronika Dasar pada mata
pelajaran Teknik Elektronika Dasar X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video
SMK Negeri 2 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul pembelajaran
Teknik Elektronika Dasar. Pengembangan modul pembelajaran mengacu pada
model pengembangan Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Anik
Ghufron. Model penelitian tersebut mempunyai empat tahapan dalam penelitian,
yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji lapangan dan
tahap diseminasi. Modul pembelajaran mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar
divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media selanjutnya di uji cobakan pada
sembilan peserta didik kelas XI dan dua puluh sembilan peserta didik kelas X
jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data
menggunakan lembar angket/kuesioner skala Likert model empat pilihan.
Kelayakan modul pembelajaran dapat diketahui dari hasil data penilaian dalam
empat kategori, yaitu sangat layak (sangat baik), layak (baik), cukup layak (cukup
baik) dan tidak layak (tidak baik). Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul
pembelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X jurusan Teknik Audio Video SMK
Negeri 2 Yogyakarta. Isi modul terdiri dari judul, pendahuluan, pembelajaran,
kunci jawaban dan daftar pustaka dengan total keseluruhan 115 lembar, bahasa
yang digunakan dalam modul pembelajaran yaitu bahasa Indonesia yang sesuai
dengan kaidah. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modul pembelajaran
secara keseluruhan dapat digunakan sebagai bahan ajar. Hal tersebut dibuktikan
berdasarkan rerata skor total dari hasil evaluasi ahli materi sebesar 3,64 dari nilai
skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, rerata skor
total dari hasil evaluasi ahli media sebesar 3,86 dari nilai skor maksimal 4
sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, rerata skor total dari hasil uji
coba lapangan awal sebesar 3,29 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk
dalam kategori “sangat layak”, rerata skor total uji coba lapangan utama sebesar
3,37 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”,
rerata skor total dari hasil uji coba lapangan operasional sebesar 3,27 dari nilai
skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, serta rerata
keseluruhan dari hasil evaluasi oleh ahli materi, ahli media, serta uji lapangan
memperoleh rerata skor sebesar 3,48 dari nilai skor maksimal 4 sehingga
termasuk dalam kategori “sangat layak”.
Kata kunci: modul, teknik elektronika dasar, teknik audio video.Setiawan Bagus Aji Yusman