Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:18:06ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-04T06:40:40Z2019-01-29T17:25:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8180This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81802012-12-04T06:40:40ZUPAYA PENINGKATAN KEPEKAAN NADA DALAM TANGGA NADA PENTATONIK DAN DIATONIK MELALUI LISTENING SONGS PADA SISWA SMP NEGERI 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepekaan nada siswa
dalam pembelajaran Seni Musik dengan materi tangga nada pentatonik (kuasi pelog
slendro) dan diatonik (mayor dan minor). Media yang digunakan adalah media listening
songs yaitu kegiatan mendengarkan lagu model(instrument) yang sesuai dengan jenis
tangga nada yang dipelajari untuk merangsang kemampuan membidik nada dan
menebak nada.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas(Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus,
masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3)
Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian dengan subyek tindakan sebanyak 36 siswa.
Hasil penelitian ini menyimpulkan tahapan pokok pembelajaran tangga nada
yang meliputi; (1) Memilih lagu yang sesuai dan memiliki kemenarikan bagi siswa
(2)Membuat melodi-melodi lagu model dan notasinya(3)Mendemontrasikan di kelas
berulang-ulang(4)Menyanyikan bersama-sama dengan notasinya(4) membagi kelas
menjadi beberapa kelompok untuk bernyanyi dan memainkan melodi di
keyboard.(5)Memberikan latihan tebak nada secara kuis. Dari pelaksanaan
pembelajaran tersebut ternyata kepekaan nada siswa meningkat. Hasil peningkatan
kepekaan nada siswa ditunjukkan dalam data sebagai berikut. (1) Nilai rata-rata
peningkatan kepekaan nada siswa pada Siklus I sampai dengan Siklus II yaitu sebesar
69,99 dan 76,01.(2) Prosentase dan jumlah dari tiap kategori pada siklus II adalah (a)
Sangat Baik, sebesar 22,22% atau sejumlah 8 siswa, (b) Baik, sebesar 75% atau
sejumlah 27 siswa ,(c) Cukup, sebesar 2,78% atau sejumlah 1 siswa. Dengan nilai ratarata
sebesar 76,01dan siswa dalam kategori Baik dan Sangat baik mencapai sekitar 97%
maka prosedur proses pembelajaran dalam penelitian ini sangat memungkinkan
untuk membantu meningkatkan kepekaan nada siswa dalam mempelajari tangga nada.SISWORO BUDI