Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:29:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-22T04:28:27Z2019-10-01T11:57:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37103This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/371032016-07-22T04:28:27ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTAPraktikan melaksanakan PPL di SMP N 4 Yogyakarta pada tanggal 1 Maret
sampai dengan 17 September 2014 yang berlokasi di Jl.Hayam Wuruk 18
Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib
ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.
Dalam hal ini praktik pengalaman lapangan digunakan sebagai bekal mahasiswa
kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan kali ini, penulis
melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri 4 Yogyakarta.Kegiatan
PPL diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan
yaitu praktikan melakukan observasi proses pembelajaran dan kondisi sekolah,
mengikuti kuliah pengajaran mikro (microteaching), mengikuti pembekalan PPL, dan
berkoordinasi dengan guru pembimbing. Kemudian pelaksanaan PPL dilakukan di
SMP N 4 Yogyakrta, praktikan mendapat kepercayaan untuk mengajar di semua
kelas VII. Adapun pelaksanaannya terdiri dari pembuatan perangkat pembelajaran
berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kemudian mempersiapkan bahan
ajar dengan mempelajari referensi-referensi yang relevan dan membuat media
pembelajaran yang mendukung. Sebelum digunakan dan dipraktikan mengajar di
kelas hal-hal tersebut dikonsultasikan kepada guru pembimbing untuk menghindari
kesalahan konsep. Praktikan telah melakukan praktik mengajar di kelas, penyampaian
materi menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Kegiatan evaluasi
pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui kekurangan praktikan selama
mengajar di dalam kelas.
Kegiatan PPL telah dilaksanakan oleh praktikan dengan baik dan lancar
meskipun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai hambatan, akan tetapi semua
dapat teratasi dengan baik atas bimbingan dan masukan dari guru pembimbing,
kerjasama yang baik dengan teman KKN-PPL, dosen pembimbing lapangan, pihak
sekolah, dan pihak terkait lainnya.BETHA CHENDEKIA PURUHITA BETHA CHENDEKIA PURUHITA