Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:23:24ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-14T01:18:49Z2019-10-01T11:34:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49768This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/497682017-06-14T01:18:49ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
ANALISIS PEMETAAN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DI YOGYAKARTAPembentukan karakter merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pendidikan. Pada Pasal 1, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan, dinyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Amanah undang-undang bermaksud agar pendidikan tidak hanya membentuk insan Indonesia yang cerdas, namun berkepribadian atau berkarakter, sehingga nantinya akan lahir generasi bangsa yang tumbuh dengan karakter yang bernafas nilai-nilai luhur bangsa serta agama. Penelitian ini buah hasil dari Perda DIY no 6 tahun 2011 tentang pendidikan berbasis budaya di Yogyakarta.
Dalam kegiatan ini, analis melakukan analisis tentang pemetaan pendidikan berbasis budaya di DIY. Dari kegiatan tersebut menghasilkan suatu produk berupa peta pendidikan berbasis budaya. Produk peta pendidikan menjadi bahan rekomendasi untuk dinas pendidikan pemuda dan olahraga sebagai bahan pertimbangan untuk kebijakan selanjutnya.Tujuan dari penelitian bagi analis (1) Melakukan observasi serta wawancara untuk mencari informasi data pemetaan pendidikan berbasis budaya di Dinas Pendidikan dan Olahraga Yogyakarta. (2) Menganalisis kegiatan pendidikan berbasis budaya yang dilaksanakan di Sekolah.(3)Dapat membentuk insan pelestari nilai — nilai budaya dan sekaligus mampu memperbaharui aktualisa.BERLIAN BELASUNI BERLIAN BELASUNI