Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:37:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-23T02:23:54Z2019-10-01T11:57:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40419This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/404192016-08-23T02:23:54ZLAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN
KERJA LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMA N 1 SEWON
BANTULProgram Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri
Yogyakarta (UNY) ini merupakan usaha peningkatan efisiensi dan kualitas
penyelenggaraan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). PPL
bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan
dengan pendidikan yang dikuasainya ke dalam kehidupan masyarakat, dalam hal
ini adalah masyarakat sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan memiliki misi yaitu
untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang
memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan profesional. Oleh karena itu
pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam menjelajahi realita
dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya
selama mengikuti perkuliahan. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa dibantu untuk
lebih mengenal, mengetahui, kemudian memahami lingkungan sekolah, sebagai
pengalaman perjalanan mahasiswa yang ternyata dalam praktiknya bukan hanya
guru dan murid sebagai komponen primer pendidikan, namun juga hadirnya
beberapa komponen lain yang mempunyai peranan vital dalam kelancaran proses
belajar mengajar atau pendidikan formal. Salah satu tempat yang menjadi lokasi
program PPL UNY 2014 adalah di SMA N 1 Sewon yang beralamat Jalan
Parangtritis KM. 05 Sewon, Bantul.
Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA N 1 Sewon ini,
mahasiswa mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian yang
ditekuninya. Dalam persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana
pembelajaran dan pembuatan media pembelajaran yang sesuai serta sangat
dibutuhkan dalam memperlancar proses belajar mengajar. Dalam setiap kali
pertemuan atau praktek mengajar di lapangan, mahasiswa praktikan wajib
membuat rencana pembelajaran sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah
dan lebih menguasai materi yang nantinya akan disampaikan kepada siswa.
Kegiatan PPL yang telah terlaksana merupakan program individu yang tiap-tiap
praktikan berbeda-beda dalam memberikan materi yang disesuaikan dengan mata
pelajaran yang diampunya. Para praktikan (khususnya penulis) memberi materi
pembelajaran di kelas XI IIS 1, XI IIS 2, XI IIS 3, dan XI IIS 4. Metode yang
digunakan dalam praktek mengajar ini adalah Number Head Together, Games,
Role Playing, tanya jawab dan diskusi kelompok.
Berdasarkan uraian pelaksanaan PPL yang di laksanakan di SMA N 1
Sewon tanggal 1 Juli sampai penarikan tanggal 17 September 2014, hasil yang
telah dicapai adalah melakukan praktek mengajar dengan tatap muka sebanyak 6
kali setiap kelasnya. Materi yang diajarkan yaitu pembangunan ekonomi,
pertumbuhan ekonomi, dan ketenagakerjaan. Minggu pertama sampai ketiga
vii
mempelajari pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dan minggu ke empat
sampai keenam mempelajari ketenagakerjaan. Pelaksanaan PPL ini dapat berjalan
dengan baik berkat kerjasama semua pihak, yaitu mahasiswa, siswa, guru
pembimbing dan seluruh warga sekolah.Aziza Dyah Setyowati Aziza Dyah Setyowati