Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:10:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-28T03:12:06Z2019-10-01T11:57:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37862This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/378622016-07-28T03:12:06ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI :
SMA NEGERI-2 YOGYAKARTA
1 Juli s/d 17 September 2014Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan suatu bentuk usaha
peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang
merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa UNY dengan cara memberikan
pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus
yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan
kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan,
kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa
untuk menetapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu
proses pembelajaran sesuai bidang studinya masing-masing sehingga mahasiswa
memiliki pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai dasar untuk
mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan
tanggung jawabnya sebagai tenaga akademis kependidikan.
Simpulan dari pelaksanaan PPL yang telah dilaksanakan adalah Program kerja
dapat berjalan sesuai dengan rancangan program kerja; Praktik Pengalaman Lapangan
(PPL) membekali calon guru (mahasiswa kependidikan) dengan pengalaman
mengajar yang sesungguhnya dan cara penyusunan administrasi maupun praktik
persekolahan lainnya; PPL merupakan wadah yang sangat tepat bagi mahasiswa
kependidikan dalam menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh di bangku
kuliah maupun di luar bangku kuliah; Mahasiswa kependidikan sudah mempunyai
gambaran bagaimana nantinya ketika menjadi seorang guru yang profesional, baik
dalam kegiatan belajar-mengajar maupun pergaulannya dengan masyarakat sekolah
lainnya; Perlunya menjalin kerjasama dan hubungan yang baik dengan peserta didik
agar pelaksanaan kegiatan dapat maksimal dan membuat peserta didik semakin
mencintai pelajaran kimia.
Adapun saran mengenai pelaksanaan PPL sebagai berikut: Perlunya ketegasan
dalam membuat kebijakan yang berkaitan dengan KKN-PPL sehingga mahasiswa
dapat mengetahui apa yang perlu disiapkan dan dilakukan; Persiapan sarana dan
prasarana yang matang sebelum pelaksanaan KKN-PPL sehingga pada saat
pelaksanaan mahasiswa tidak kesulitan memperolehnya; Pembekalan efektif dan
efisien sebelum mahasiswa diterjunkan ke lapangan sehingga mahasiswa akan lebih
siap dan nyama; Pihak sekolah diharapkan dapat memanfaatkan dengan sebaikbaiknya
media pembelajaran yang telah tersedia guna meningkatkan minat dan
prestasi belajar peserta didik, khususnya dalam pelajaran kimia; Praktikan sebaiknya
mempersiapkan diri sedini mungkin dengan mempelajari lebih mendalam teori-teori
yang telah dipelajari; Rasa kesetiakawanan, kesadaran, kejujuran, dan kekompakan
dalam satu tim hendaknya selalu dijaga sampai kapanpun, tidak terbatas pada
berakhirnya kegiatan KKN-PPL.Azhar Nasih Ulwan Azhar Nasih Ulwan