Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:28:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-20T01:54:58Z2019-10-01T11:57:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42544This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/425442016-10-20T01:54:58ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program yang
diciptakan untuk perguruan tinggi khususnya jurusan kependidikan guna
memberikan pengalaman mengajar terhadap calon lulusannya. Dengan menerjunkan
mahasiswa kedunia pendidikan seara nyata, maka akan membuka fikiran mahasiswa
terhadap fenomena serta permasalahan yang dialami oleh dunia pendidikan.
Sehingga mahasiswapun akan menjadi kreatif dan tertarik untuk memikirkan jalan
keluar untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan. Selain hal
tersebut, dengan adanya PPL diharapkan hubungan antara Universitas dengan pihak
sekolah yang menjadi semakin dekat dan terjalin komunikasi yang baik. Sehingga
apa yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan yang sebenarnya bisa diwujudkan
dengan maksimal oleh pihal Universitas. Penempatan mahasiswa di lokasi PPL
diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa. PPL merupakan sarana
belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang
harus dimiliki.
Program kegiatan PPL ini yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli sampai
dengan 17 September 2013 di SMK Negeri 4 Klaten yang terletak di Jalan Mataram
No. 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten. Tugasnya adalah, melakukan praktik
mengajar sesuai dengan jurusannya dan sesuai dengan pelajaran yang sudah
ditentukan oleh guru pembimbingnya masing-masing. Guru pembimbing
memberikan kekuasaan mahasiswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran
menggantikan kelasnya sekreatif mahasiswa sendiri, tetapi masih dalam pengawasan
guru pembimbing. Kegiatan PPL ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Yang
pertama adalah kegiatan persiapan, yang terdiri dari kegiatan pembelajaran Micro,
observasi kelas dan observasi lingkungan sekolah, konsultasi dengan guru
pembimbing, dan persiapan mengajar. Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan
pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan pelaksanaan terdiri dari praktik mengajar
terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan proses pembelajaran.
Pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Negeri 4 Klaten ini dapat dilaksanakan
dengan baik. Praktik pembelajaran dapat dilaksanakan melebihi batas minimal
pengajaran. Tugas mengajar telah selesai dilaksanakan sampai melakukan evaluasi,
dan segalanya terlaksana dengan hasil yang memuaskan walaupun terdapat beberapa
kendala untuk menghadapinya. Hal ini tidak terlepas dari peran guru pembimbing
dalam membimbing mahasiswa praktikan selama melaksanakan PPL, peran siswa
selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Melalui kegiatan PPL tersebut, mahasiswa
praktikan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengajaran praktik yang telah
diperoleh selama di sekolah, khususnya pengalaman mengajar di kelas teori dan
praktik dapat berguna di masa depan.Ayny Maharrayni F Ayny Maharrayni F