Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:54:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-03T03:12:09Z2019-10-01T11:57:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38401This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/384012016-08-03T03:12:09ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
PPL UNY 2014
LOKASI SMP N 1 PRAMBANANPraktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi
mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoretis yang telah diterima di
perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk
mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan
bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan
PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses
pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal
menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan
yang digunakan sebagai tenaga pendidik.
Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL
langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek
ini adalah SMP Negeri 1 Prambanan, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Juli
2014 hingga tanggal 17 September 2014. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan
mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal
yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan
dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan
kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 20 kali untuk masing-masing kelas. Kelas
yang diajar sebanyak 6 kelas, yaitu kelas VII C, VII D, VIII B, VII D, IX A, IX D.
Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas adalah serta metode saintifik
(scientific method)untuk kelas VII dan VIII serta untuk kelas IX masih menggunakan
metode Ekplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi (EEK). Model pembelajaran yang
digunakan antara lain;Teaching Game For Understanding (TGFU), Kooperatif
Learning, Resiprokal, PeerTeaching, dll. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran
digunakan beberapa media, antara lain gambar, game, dan model serta LKS.
Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang
bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit
untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hal ini merupakan
suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu,
dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman
dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di
sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung
terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya
kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan
berkualitas.Ayi Purwati Ayi Purwati2016-08-03T03:09:04Z2019-10-01T11:57:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38398This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/383982016-08-03T03:09:04ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
PPL UNY 2014
LOKASI SMP N 1 PRAMBANANPelaksanaan PPL dilakukan dengan praktek mengajar di kelas yang
bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari selama
perkuliahan dan merupakan kegiatan pokok pelaksanaan PPL. Sehingga
mahasiswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran di kelas.
Selama praktek mengajar, mahasiswa mendapatkan bimbingan dari
guru pembimbing mata pelajaran. Sebelum mengajar, praktikan konsultasi
dengan guru pembimbing dan setelah selesai mengajar pada setiap pertemuan,
guru memberikan evaluasi serta masukan-masukan agar mahasiswa praktikan
dapat melaksanakan lebih baik dan kekurangan yang ada dapat diperbaiki.Ayi Purwati Ayi Purwati