Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:15:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-16T04:36:47Z2019-01-29T20:56:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16330This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/163302015-04-16T04:36:47ZKEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAKKEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK
Oleh: Ferdiana Putri Dwi Astuti NIM 09402241003
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan project based learning pada proses pembelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak di SMK Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif tanpa menerangkan hubungan dan menguji hipotesis. Data yang diambil meliputi data mengenai keefektifan project based learning dalam proses pembelajaran ditinjau dari perspektif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta yang berjumlah 94 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 32 siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta. Uji validitas mengggunakan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa: 1) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang tergolong baik sebanyak 75,53%. 2) pengalaman belajar siswa dalam proses pembelajaran yang tergolong baik sebanyak 46,81%. 3) Eksplorasi siswa dalam proses pembelajaran yang tergolong baik sebanyak 77,70% . 4) Keterampilan dan kerjasama tim dalam proses pembelajaran yang tergolong baik sebanyak 85,11%. 5) Self-Assessment siswa dalam proses pembelajaran yang tergolong baik sebanyak 85,11%. 6) Motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran yang tergolong baik sebanyak 76,60%.
Kata kunci : Keefektifan, Project Based Learning, Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak.Diana Astuti Ferdiana Putri Dwi