Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:12:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-09-13T02:18:33Z2019-05-09T07:38:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41297This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/412972016-09-13T02:18:33ZPengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Kimia Siswa SMA Kelas X pada Materi Larutan ElektrolitPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian terintegrasi, mengetahui karakteristik instrumen penilaian terintegrasi, mengetahui respon guru terhadap instrumen penilaian terintegrasi, serta mengukur kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains kimia siswa SMA kelasX.
Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan tes McIntire yang meliputi tahapan defining the test universe, audience and purpose; developing a test plan; composing the test items; writing the administration instructions; conducting piloting test; conducting item analysis; revising the test; validation the test dan completing test manual. Produk awal ditinjau oleh peer reviewer dan divalidasi oleh panel ahli (dua ahli materi, dua ahli evaluasi pembelajaran dan dua guru kimia). Penelitian melibatkan 644 siswa kelas X di empat SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Hasil uji coba instrumen berupa data politomus dan dianalisis dengan pendekatan Partial Credit Model 1-Parameter Logistic (PCM 1-PL) menggunakan program Winstepsdan Quest. Teknik pengumpulan data meliputi angket dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi butir soal, lembar angket respon pengguna instrumen dan instrumen penilaian terintegrasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian terintegrasimemiliki indeks validitas Aiken sebesar 0,90.Instrumen dinyatakan valid baik secara validitas isi maupun validitas konstruk. Seluruh butir soal pada instrumen penilaian terintegrasi terbukti fit dengan PCM 1-PL. Tingkat kesukaran butir soal tergolong baik karena berada pada rentang -1,28 logitsampai +0,80 logit.Fungsi informasi tes pada instrumen penilaian terintegrasisebesar 9,498 logit dengan kesalahan baku estimasi 0,324 sehingga instrumen dinyatakan reliabel untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains peserta tes pada rentang -3,45 logit sampai +2,5 logit. Respon guru terhadap instrumen penilaian terintegrasi dinyatakan baik. Oleh karena itu, instrumen penilaian terintegrasi layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains kimia siswa kelas X pada matei larutan elektrolit. Hasil pengukuran menunjukkan bahwakemampuan siswa berkisar antara -0,4 logit sampai +3 logit serta persentase penguasaan siswa mencapai 83,28% yang termasuk kategori tinggiSri Rejeki Dwi Astuti2015-04-06T02:02:08Z2019-01-29T20:13:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15277This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/152772015-04-06T02:02:08ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF
“CHEM IS FUN” BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK
MATERI AJAR PERKEMBANGAN TEORI DAN
STRUKTUR ATOM PADA PEMBELAJARAN
KIMIA SMA KELAS XTujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran animasi interaktif “Chem is Fun” berbasis quantum learning untuk materi ajar perkembangan teori dan struktur atom, mengetahui kualitas produk yang dihasilkan, serta mengetahui ketertarikan peserta didik terhadap media pembelajaran tersebut.
Model pengembangan yang digunakan mengadaptasi model ADDIE dan prosedur pengembangan melalui tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi. Produk awal diujikan kepada satu ahli materi, satu ahli media, dan tiga orang peer reviewer. Setelah, produk direvisi, produk akhir dinilaikan kepada reviewer lima guru kimia SMA dan sepuluh orang peserta didik. Hasil penilaian dari reviewer dan peserta didik digunakan untuk menentukan kualitas produk.
Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk media pembelajaran animasi interaktif “Chem is Fun” berbasis quantum learning. Kualitas media pembelajaran tersebut bernilai baik serta dapat membuat peserta didik tertarik untuk belajar kimia.
Kata kunci: Media pembelajaran, animasi interaktif, “Chem is Fun”, quantum learningSri Rejeki Dwi Astuti