Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:57:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-04T02:20:15Z2019-01-29T23:09:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19916This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/199162015-06-04T02:20:15ZPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KEMEJA ANAK PADA
MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA ANAK KELAS X
DI SMK NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTAPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KEMEJA ANAK PADA
MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA ANAK KELAS X
DI SMK NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA
Oleh:
Astri Martanti
09513241030
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: 1) mengembangkan modul
pembelajaran kemeja anak pada mata pelajaran pembuatan busana anak kelas
X di SMK Negeri 1 Depok, dan 2) mengetahui kelayakan penggunaan modul
pembelajaran kemeja anak pada mata pelajaran pembuatan busana anak kelas
X di SMK Negeri 1 Depok.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Bidang Keahlian
Busana Butik SMK Negeri 1 Depok sebanyak 31 siswa. Metode pengembangan
modul ini terdiri dari 5 tahap yaitu: analisis produk yang akan dikembangkan,
mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan terbatas
dan revisi, uji coba luas dan produk akhir. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini dengan menggunakan angket untuk menguji kelayakan modul
pembuatan kemeja anak. Sebelum uji kelayakan modul, instrumen penelitian
divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli evaluasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini berupa: 1) produk modul pembuatan kemeja anak
untuk kelas X Bidang Keahlian Busana Butik yang sesuai dengan materi dalam
silabus dan RPP yang diterapkan di SMK Negeri 1 Depok, 2) modul
pembelajaran yang layak digunakan baik dari segi materi pembelajaran maupun
tampilan modul. Kelayakan modul pembelajaran berdasarkan penilaian expert
judgment termasuk dalam kategori layak dengan persentase kelayakan sebesar
100%. Dari uji coba terbatas terhadap 10 orang responden menghasilkan
88,83% dengan interpretasi sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.
Hasil keterbacaan modul pada uji coba luas terhadap 31 siswa menghasilkan
presentase kelayakan modul sebesar 81,75% sehingga dapat diinterpretasikan
bahwa modul pembuatan kemeja anak sangat layak digunakan sebagai sumber
belajar bagi siswa kelas X Busana Butik di SMK Negeri 1 Depok.
Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran, kemeja anakMartanti Astri