Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:54:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-02-26T02:14:51Z2019-01-30T15:58:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55639This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/556392018-02-26T02:14:51ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP
INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED
LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN
DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS X SMAPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan pembelajaran
kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning
terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) mengetahui efektivitas
pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based
Learning terhadap kemampuan disposisi matematis siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one – group
pretest – posttest dan one – shot case study. Subjek penelitian adalah kelas X MIPA
2 yang dipilih secara acak dari 6 kelas untuk diberi perlakuan pembelajaran
kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning.
Instrumen yang digunakan meliputi kuisioner skala disposisi matematis siswa, tes
kemampuan berpikir kreatif siswa dan lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran matematika. Pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan
pendekatan Problem Based Learning dikatakan efektif jika (1) sebanyak lebih dari
70% siswa mendapatkan nilai rata – rata di atas 70; (2) skor kuisioner skala disposisi
matematis akhir lebih baik dari skor kuisioner skala disposisi matematis awal, dan
skor kuisioner skala disposisi matematis akhir minimal mendapat nilai dengan
klasifikasi baik yaitu 84. Untuk mengambil kesimpulan data menggunakan analisis
one sample t – test, one sample binomial test, dan paired samples t – test.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran
kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning efektif
terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) model pembelajaran kooperatif
Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning efektif terhadap
disposisi matematis siswa.Muchammad Nurrizal Hasbi AshshidiqqieWahyu Setyaningrum