Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:12:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-13T03:53:34Z2019-10-01T11:46:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36285This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/362852016-07-13T03:53:34ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL)
UNIVERSITAS NEEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa
untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku
perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk
mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan
bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan.
Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan
langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat
menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai
pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas
Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada
lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP
N 1 Minggir, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga tanggal
12 September 2015. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama
kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali
pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas lebih
dari 6 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain
observasi, demonstrasi, eksperimen, penugasan, dan tanya jawab. Untuk mendukung
kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, slide
power point, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Banyak
kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, diantaranya dalam
pengelolaan kelas, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh. Akan
tetapi hal ini bukanlah merupakan hambatan yang berarti, karena memang
perkembangan anak usia SMP sedang dalam proses pubertas atau peralihan dari masa
kanak-kanak ke masa dewasa.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan
gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.
Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan
kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat
tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.Aron Tasirikeru Aron Tasirikeru