Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:27:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-14T02:28:58Z2019-01-30T01:07:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23440This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/234402015-07-14T02:28:58ZPELAKSANAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA
MATA DIKLAT KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN
INFORMASI (KKPI)
(STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI KEAHLIAN ELEKTRO
SMK NEGERI 2 KENDAL)PELAKSANAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA
MATA DIKLAT KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN
INFORMASI (KKPI)
(STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI KEAHLIAN ELEKTRO
SMK NEGERI 2 KENDAL)
Oleh
Arinda Zulfita Khudori
NIM : 07520244045
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui
pelaksanaan e-Learning pada Program Studi Keahlian Elektro di SMK
Negeri 2 Kendal dan dengan meggunakan media e-Learning pada mata
pelajaran KKPI pada Program Studi Keahlian Elekro serta untuk
mengetahui manfaat dari media e-Learning terhadap pembelajaran mata
pelajaran KKPI pada program studi keahilan Elektro di SMK Negeri 2
Kendal.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah siswa
kelas XI pada program studi keahlian elektro di SMK Negeri 2 Kendal
sejumlah 86 siswa. Untuk melengkapi data diambil pula responden
guru,administrator e-Learning wali kelas, dan waka kurikulum yang
berjumlah enam orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
kuesioner, dan wawancara. Data ditabulasikan dalam lembar data
selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Validitas data diuji
dengan expert judgment, sementara reliablitas data dilakukan dengan uji
statistik menggunakan rumus Alpha Chronbach.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan e-
Learning pada program studi keahlian elektro di SMK Negeri 2 Kendal
sudah dilaksanakan sejak tahun 2006 dan digunakan sebagai media
tambahan dalam proses belajar mengajar. Media e-Learning sendiri masih
sebagai media tambahan dalam memberikan materi, tugas maupun
informasi lain yang berhubungan dengan pelajaran. Dari data yang
didapatkan dari siswa menunjukan ada 10.47% yang mengatakan bahwa
proses pembelajaran menggunakan media e-Learning tidak baik, 9.30%
mengatakan kurang baik, 30.23% mengatakan cukup baik dan 50% (43
siswa) mengatakan sangat baik. Sedangkan dari data guru diperoleh hasil
50% mengatakan bahwa pelaksanaan sudah cukup baik dan 50%
mengatakan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media e-Learning
sangat baik. Secara keseluruhan responden mengatakan bahwa pelaksanaan
pembelajaran menggunakan media e-Learning sudah baik dilihat dari segi
proses pembelajaran, materi maupun manfaat. Selain itu diperoleh pula
manfaat media pembelajaran e-Learning diantaranya mempermudah siswa
dalam mengakses materi dan mempermudah guru dalam memantau aktivitas
belajar siswa.
Kata kunci : media pembelajaran, e-Learning, SMK Negeri 2 KendalZulfita Khudori Arinda