Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:27:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-11-21T01:58:50Z2019-11-21T01:58:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66736This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/667362019-11-21T01:58:50ZPengaruh Outdoor Education Activities Terhadap Peningkatan Self-Esteem dan Kebugaran Jasmani Siswa SMK.Kegiatan Pendidikan Luar Kelas merupakan salah satu bentuk aktivitas jasmani yang dapat dipergunakan untuk pengembangan kebugaran jasmani dan pengembangan Self-esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Outdoor education Activities terhadap peningkatan Self-Esteem Siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa SMK MUH Berbah Sleman yang berjumlah 298 siswa. Sampel Penelitian ini adalah 40 siswa yang masuk dalam kategori. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Self-Esteem. Teknik analisis data yang dilaksanakan adalah analisis uji-t dan uji f dengan taraf signifikansi toleransi 0,05%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh pendekatan hard games terhadap peningkatan self-esteem siswa. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh pendekatan soft games terhadap peningkatan self-esteem siswa. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan Outdoor education activities berupa hard games dan soft games Terhadap Peningkatan Self Esteem.Imam ArifinWawan Sundawan Suherman2017-08-21T01:41:21Z2019-01-30T14:52:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52184This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/521842017-08-21T01:41:21ZEFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKAPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap motivasi belajar fisika, (2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar fisika, (3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar fisika, (4) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar fisika, (5) mengetahui perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar fisika, dan (6) mengetahui perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari hasil belajar fisika.
Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Ngemplak tahun ajaran 2016/2017. Kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 peserta didik, sedangkan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 peserta didik. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket motivasi belajar awal, angket motivasi belajar akhir, soal pretest, dan soal postest. Teknik pengambilan data adalah dengan observasi, angket, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap motivasi belajar fisika, (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar fisika, (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar fisika, (4) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar fisika, (5) terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar fisika, dan (6) terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari hasil belajar fisika.
Kata Kunci : think pairs share, pembelajaran konvensional, motivasi belajar, hasil belajarImam ArifinBambang Ruwanto