Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:34:35ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-04T07:40:57Z2022-09-21T03:29:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33856This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/338562016-06-04T07:40:57ZPembelajaran Pengetahuan Dasar Komputer Berbasis Blended Learning pada Program Studi Agribisnis STIPER AmuntaiPenelitian ini bertujuan mengimplementasikan pembelajaran pengetahuan dasar komputer berbasis blended learning untuk meningkatkan motivasi, minat dan hasil belajar mahasiswa.
Jenis penelitian ini menggunakan metode classroom action research yang dilaksanakan dalam 2 tahapan yaitu tahap pembuatan media learning dan tahap implementasi pembelajaran melalui 3 siklus proses pembelajaran dengan partisipan mahasiswa Program Studi Agribisnis STIPER Amuntai tahun akademik 2011/2012. Kegiatan siklus I meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Kegiatan siklus II merupakan tindak lanjut dan modifikasi dari siklus I. Sedangkan siklus III adalah penyempurnaan dari siklus II. Instrumen dalam penelitian ini adalah, lembar observasi tindakan/siklus, lembar observasi motivasi dan lembar observasi minat. Validitas instrument dilakukan melalui expert judgement sedangkan reliabilitas instrument menggunakan teknik Cronbach Alpha kemudian analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif.
Proses pembelajaran dilaksanakan melalui tahapan kegiatan sebagai berikut: (1) kegiatan pembuatan media learning sekaligus validasi ahli media dan validasi ahli materi serta mensosialisasikan dalam kegiatan pembelajaran, (2) kegiatan perkuliahan dengan memberikan materi secara online kepada mahasiswa untuk dibaca dan dipelajari sekaligus tugas yang harus dikerjakan dan dikirimkan secara individual dalam jangka waktu tertentu, (3) kegiatan perkuliahan tatap muka di kelas berupa presentasi dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran berbasis blended learning, terjadi peningkatan motivasi, minat dan hasil belajar. Adapun secara kuantitatif motivasi pada siklus I rerata nilai 25,6 naik pada siklus II menjadi 34,3 dan stabil pada siklus III dengan rerata nilai 34,3. Sedangkan minat pada siklus I rerata nilai 17,9 naik pada siklus II menjadi 26,1 dan meningkat pada siklus 3 menjadi 30,8. Ketercapaian hasil pembelajaran ditunjukkan pada nilai tugas dan kuis siklus I dengan rerata nilai 74,2 naik pada siklus II menjadi 84,7 dan meningkat pada siklus III menjadi 88,2. Ketercapaian ini menunjukkan bahwa mahasiswa sangat antusias dan aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar.Syaiful Arif