Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:02:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-18T06:20:06Z2019-01-29T23:46:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20956This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/209562015-06-18T06:20:06ZKEEFEKTIFAN STRATEGI PERTANYAAN MENJADI PARAGRAF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 DEPOK, SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi ekspositoris yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis narasi tanpa menggunakan strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf, dan (2) menguji keefektifan strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Depok.
Desain penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan pretestposttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis narasi ekspositoris. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIID sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis karangan narasi ekspositoris. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya reliabilitas adalah 0,740. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen.
Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor thitung sebesar 3,133 dengan db 61 dan P sebesar 0,003. Nilai thitung lebih besar dari ttabel pada db 61 dan taraf signifikansi 5% (3,133 > 1,994). Kesimpulan pertama dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi ekspositoris yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf. Gain score kelompok eksperimen sebesar 5,50, sedangkan kelompok kontrol sebesar 4,84. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa gain score kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Kesimpulan kedua yaitu strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris.Latifa Hanum Arieyaningsih