Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:23:38ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-10T02:46:52Z2019-01-30T01:02:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23245This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/232452015-07-10T02:46:52ZPengaruh Komunikasi Individu Guru Dengan Kepala Sekolah, Motivasi
Mengajar, Dan Iklim Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di SMK N 3
YogyakartaPengaruh Komunikasi Individu Guru Dengan Kepala Sekolah, Motivasi
Mengajar, Dan Iklim Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di SMK N 3
Yogyakarta
Oleh :
Arie Setya Nugraha
06502241029
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara
komunikasi Individu guru dengan kepala sekolah, motivasi mengajar, dan iklim sekolah
baik secara terpisah, maupun bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru di SMK N 3
Yogyakarta.
Subjek penelitian ini adalah 40 orang guru di SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Variabel penelitian komunikasi Individu guru dengan kepala sekolah (X1), motivasi
mengajar (X2), iklim sekolah (X3), dan kepuasan kerja guru (Y). Penelitian ini termasuk
penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala
likert untuk semua variabel. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis
butir yang dihitung dengan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen
dihitung dengan menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis deskriptif dan pengujian
persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas
dilakukan sebelum melakukan analisis data terlebih dahulu. Teknik analisis data yang
dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi product moment
dan teknik analisis regresi ganda 3 prediktor.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
komunikasi individu guru dengan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMK
Negeri 3 Yogyakarta, hal ini ditunjukkan dengan nilai r sebesar 0,737, dengan sumbangan
efektif sebesar 22,7%; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi
mengajar terhadap kepuasan kerja guru di SMK Negeri 3 Yogyakarta, hal ini ditunjukkan
dengan koefisien korelasi r sebesar 0,528, dengan sumbangan efektif sebesar 16%; 3)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara iklim sekolah terhadap kepuasan kerja
guru di SMK Negeri 3 Yogyakart, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi r sebesar
0,745, dengan sumbangan efektif sebesar 33,3%; 4) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara komunikasi individu guru dengan kepala sekolah, motivasi mengajar,
dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru di SMK Negeri 3
Yogyakarta. Kesimpulan ini didasarkan pada koefisien R sebesar 0,852, dengan
sumbangan efektifadalah sebesar 72,6%.
�
Kata kunci: komunikasi individu guru dengan kepala sekolah, motivasi mengajar, iklim
sekolah, kepuasan kerjaSetya Nugraha Arie