Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:23:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-20T06:28:33Z2019-10-01T11:46:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32973This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/329732016-05-20T06:28:33ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
MTs NEGERI YOGYAKARTA 1Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan pengembangan dari IKIP
Yogyakarta, dimana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus
mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta
menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap,
pengetahuan dan keterampilan sehingga menjelma menjadi tenaga professional
pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan
dan keterampilan kepada mahasiswa dalam serangkaian mata kuliah yang salah
satunya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL ini bertujuan untuk melatih
mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan
adanya PPL ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk
mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang professional sehingga memiliki
sikap, nilai, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam profesinya.
Kegiatan atau program PPL dilaksanakan di MTs Negeri Yogyakarta 1 pada
tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 9 September 2015. Sebelum kegiatan
dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di
antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Kegiatan praktik
pengalaman lapangan yang dilakukan di MTs Negeri Yogyakarta 1 adalah kegiatan
praktik mengajar di kelas sebagai program utama. Program utama individu praktikan
adalah membuat perangkat pembelajaran, praktik mengajar, dan penyusunan evaluasi
pembelajaran. Praktikan mengampu pelajaran Pendidikan IPS kelas 8 sebanyak 4
kelas, yaitu kelas VIII B, VIII C, VIII D, dan VIII E dengan total pertemuan
sebanyak 19 kali. Proses pembelajaran dilakukan menggunakan metode Scientific
sebagai metode dalam kurikulum 2013 yang menuntut siswa aktif melalui kegiatan
pengamatan, penyelidikan, diskusi, dan komunikasi (presentasi dan kunjung karya).
Hasil dari kegiatan PPL selama 1 bulan adalah pelaksanaan PPL berjalan
dengan baik dan lancar, tanpa kendala yang berarti. Kelancaran pelaksanaan program
PPL UNY 2015 ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah,
khususnya guru pembimbing, mahasiswa serta peserta didik MTs Negeri Yogyakarta
1.Ari Novian Tri Utami Ari Novian Tri Utami