Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:14:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-25T01:55:21Z2017-01-25T01:55:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46448This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/464482017-01-25T01:55:21ZPEMETAAN MATERI AJAR DALAM PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA)
BERTUJUAN AKADEMIKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis domain, sebaran konten,
pengembangan, dan struktur penyajian materi ajar dalam pembelajaran BIPA (Bahasa
Indonesia bagi Penutur Asing) bertujuan akademik yang ada di beberapa institusi
penyelenggara BIPA di Indonesia. Target temuan dalam penelitian ini adalah pemetaan
fakta empiris perihal materi ajar dalam pembelajaran BIPA bertujuan akademik. Pemetaan
ini menjadi langkah awal dan merupakan bagian penting dari penelitian disertasi yang akan
dilakukan peneliti. Hasil temuan penelitian akan digunakan untuk dasar analisis penelitian
disertasi selanjutnya yakni menggali muatan akademik materi ajar BIPA khusus ini.
Tujuan jangka panjang penelitian ini akan menemukan suatu formula materi ajar yang
ideal bagi pembelajaran BIPA bertujuan akademik sehingga dapat digunakan sebagai dasar
penyelenggaraan pembelajaran BIPA bertujuan akademik yang baik dan sesuai kebutuhan
pembelajarnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti hadir
sebagai instrumen kunci dalam penelitian. Data penelitian ini berupa data verbal lisan dan
verbal tertulis yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, studi
dokumentasi, dan kuisioner. Setting penelitian berskala nasional dan mencakup berbagai
lembaga penyelenggara BIPA, baik di bawah perguruan tinggi maupun lembaga kursus
bahasa. Keterwakilan purposif setting penelitian didasarkan pada tiga alasan, yaitu reputasi
lembaga dalam pengelolaan BIPA, eksisitensi sebagai provider program yang menuntut
adanya BIPA bertujuan akademik, dan kuantitas pembelajar asing yang ada. Data yang
ditemukan akan dianalisis dengan teknik kualitatif dengan model spiral analisis data.
Prosedur analisis meliput langkah: 1) mengorganisasi data, 2) mendeskripsikan,
mengklasifikasikan, dan menafsirkan data menjadi kode dan tema, 3) menafsirkan data,
dan 4) menyajikan dan memvisualisasikan data. Validitas temuan dalam penelitian ini
menggunakan perpanjangan waktu, trianggulasi data, trianggualsi disiplin ilmu (expert
judgement), dan pengecekan ulang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan BIPA bertujuan akademik masih
belum banyak di berbagai penyelenggara BIPA. Pembelajaran BIPA bertujuan akademik
juga belum disiapkan secara baik, termasuk materinya. Bentuk materi dalam pembelajaran
BIPA bertujuan akademik berupa: (1) materi cetak (printed), (2) materi dengaran (audio),
(3) materi pandang dengar (audio video), dan (4) materi multimedia. Fungsi materi dalam
kelas BIPA bertujuan akademik adalah untuk: (1) pemandu pengajar dan pembelajar, (2)
sumber kegiatan pembelajaran, (3) sumber referensi, dan (4) sumber merancang evaluasi
belajar dan laporan kemajuan belajar. Ada delapan komponen dalam materi pembelajaran
BIPA bertujuan akademik, yaitu: (1) kosakata, (2) tata bahasa, (3) menyimak, (4)
berbicara, (5) membaca, (6) menulis, (7) pengetahuan umum, dan (8) sit in dan ekskursi.
Subtansi materi dalam pembelajaran BIPA bertujuan akademik meliputi substansi bahasa,
budaya, dan pengetahuan umum. Semuanya mengarah pada substansi yang akademik.
Materi dalam pembelajaran BIPA bertujuan akademik perlu ditata lagi dan distandarkan
agar pembelajaran BIPA bertujuan akademik dapat berjalan baik dan mendapat hasil sesuai
yang diharapkan.S.Pd., M.Hum. Ari Kusmiatun2015-08-07T09:48:45Z2015-08-07T09:48:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24568This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/245682015-08-07T09:48:45ZPENELITIAN BERSAMA UNY – GDUFS:
INTEGRASI KONTEKS DAN KARAKTER INDONESIA
DALAM BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI MAHASISWA
INDONESIAN STUDIES, GDUFS CHINATeaching Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA) is developing rapidly. The number of BIPA enthusiasts grows in Europe, Australia, and Asia. A cooperative program with foreign partners which is very likely developed is transfer-credit program. UNY already cooperates with GDUFS in the activity, but improvement is still needed to maintain and advance the program. The aim of the pilot research is to examine a few things related to the needs of students, the analysis of BIPA learning module on the credit transfer program, and the possibility of developing cooperative research. The final goal is to strengthen cooperation with GDUFS as the partner in the field of research for the common good. This research used descriptive qualitative research. The result indicates that GDUFS students need dominant materials to improve speaking skills. Other materials such as listening, reading, vocabulary, grammar, and literature are also required. The integration of context and character of Indonesia also needs to be inserted in order to make them understand the culture and people of Indonesia. Therefore, there are opportunities for developing curriculum and BIPA modules for this program by integrating the context and character of Indonesia into it so that it will maximize the knowledge of Indonesia that will be acquired by GDUFS.S.Pd., M.Hum. Ari KusmiatunLestyarini Beniatib_lestya@yahoo.com2015-08-07T09:46:10Z2015-08-07T09:46:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24566This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/245662015-08-07T09:46:10ZPENELITIAN BERSAMA UNY – GDUFS:
INTEGRASI KONTEKS DAN KARAKTER INDONESIA
DALAM BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI MAHASISWA
INDONESIAN STUDIES, GDUFS CHINATeaching Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA) is developing rapidly. The number of BIPA enthusiasts grows in Europe, Australia, and Asia. A cooperative program with foreign partners which is very likely developed is transfer-credit program. UNY already cooperates with GDUFS in the activity, but improvement is still needed to maintain and advance the program. The aim of the pilot research is to examine a few things related to the needs of students, the analysis of BIPA learning module on the credit transfer program, and the possibility of developing cooperative research. The final goal is to strengthen cooperation with GDUFS as the partner in the field of research for the common good. This research used descriptive qualitative research. The result indicates that GDUFS students need dominant materials to improve speaking skills. Other materials such as listening, reading, vocabulary, grammar, and literature are also required. The integration of context and character of Indonesia also needs to be inserted in order to make them understand the culture and people of Indonesia. Therefore, there are opportunities for developing curriculum and BIPA modules for this program by integrating the context and character of Indonesia into it so that it will maximize the knowledge of Indonesia that will be acquired by GDUFS.S.Pd., M.Hum. Ari KusmiatunLestyarini Beniatib_lestya@yahoo.com2012-06-28T03:22:50Z2012-06-28T03:22:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1188This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11882012-06-28T03:22:50ZEksplorasi Budaya Baca pada Siswa Sekolah Menengah Atas di YogyakartaS.Pd., M.Hum. Ari Kusmiatun