Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:50:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-18T07:10:15Z2019-03-11T02:04:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30792This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/307922016-04-18T07:10:15ZTINGKAT KEPUASAN PELANGGAN KOLAM RENANG UMBUL
PONGGOK KABUPATEN KLATEN
JAWA TENGAHKepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk
meningkatkan pengunjung kolam renang Umbul Ponggok. Perbaikan fasilitas
seperti perluasan lahan parkir, menambah jumlah kamar mandi dan kebersihan air
menjadi pendorong kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui tingkat kepuasan pelanggan kolam renang Umbul Ponggok
Kabupaten Klaten Jawa Tengah.
Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey dengan
pengambilan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah
pengunjung kolam renang Umbul Ponggok, sedangkan sampel dalam penelitian
ini menggunakan 80 responden yang diambil dengan metode Insidental sampling.
Hasil uji coba instrumen dari 38 butir pernyataan, gugur 9 butir pernyataan dan
diperoleh 29 butir pernyataan valid dan reliabilitasnya sebesar 0,911 yang
dihitung dengan program SPSS versi 16. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif persentase.
Hasil dari penelitian tingkat kepuasan pelanggan kolam renang Umbul
Ponggok Kabupaten Klaten Jawa Tengah yaitu (1) faktor kualitas produk masuk
kategori memuaskan dengan persentase 76,25%, (2) faktor harga masuk kategori
memuaskan dengan 52,5%, (3) faktor kualitas pelayanan masuk kategori
memuaskan dengan 81,25%, (4) faktor emosional masuk kategori memuaskan
dengan 52,5%, dan (5) faktor kemudahan masuk kategori memuaskan dengan
57,5%.Argi Suryo Pamungkas