Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:06:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-22T07:19:50Z2019-10-01T11:57:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37199This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/371992016-07-22T07:19:50ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
SD NEGERI 6 BENDUNGAN
JL. KOKAP KM. 1 BEJI, WATES
KULON PROGO 55611Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan ( PPL ) Universitas Negeri
Yogyakarta adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa
program studi kependidikan. Program ini memiliki tujuan memberikan
pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu
pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih
dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai
pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan nantinya ketika bergelut di
dunia pendidikan yang sebenarnya. Program Kuliah Lapangan PPL UNY 2014
yang ditempatkan SD Negeri 6 Bendungan sebagai salah satu lokasi penempatan
untuk mahasiswa melaksanakan kuliah lapangan tersebut. SD Negeri 6
Bendungan berlokasi di jalan Bendungan, Desa Bendungan lor,Kecamatan Wates,
Kabupaten Kulon Progo, Prov. D.I. Yogyakarta.
Sebelum melaksanakan program PPL selama kurang lebih 2 bulan 15 hari
yang jatuh pada tanggal 01 Juli sampai 17 September mahasiswa PPL UNY
melakukan kegiatan guna menunjang kegiatan PPL di sekolah agar mencapai hasil
yang seuai dengan harapan bersama. Kegiatan tersebut meliputi melaksanakan
mata kuliah wajib lulus pembelajaran mikro, pembekalan PPL, melaksanakan
observasi di sekolah baik dari segi fisik sekolah maupun lingkungan sekolah.
Observasi ini bertujuan mendapatkan informasi dan data guna melakukan
penyusunan program kerja PPL. Selanjutnya mahasiswa PPL melaksanakan
program mengajar dari kelas I – VI di SD N 6 Bendungan, namun selain itu
mahasiswa PPL juga melaksanakan berbagai kegiatan selain mengajar Penjas juga
mengajar di kelas apabila bapak/ ibu guru berhalangan hadir. Kemudian
membantu tentang kepengurusan administrasi dan manajemen di sekolah yang
dibimbing langsung oleh bapak kepala sekolah. Ketercapaian program yang
direncanakan dengan yang sudah dilaksanakan mencapai 80-90% hal ini dapat
dilihat selain dari kepiawaian mahasiswa PPL dalam mengajar juga dari para
mahasiswa PPL yang menjadi pribadi yang lebih dewasa daripada sebelum
melaksanakan kegiatan PPL di sekolah.
Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi
mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut
berkontribusi dalam mentransformasikan nilai – nilai kependidikan kepada
sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan
mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY
diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan
pendidikan Indonesia.Arga Widya Pradana Arga Widya Pradana