Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:15:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-07T03:59:52Z2019-01-30T12:08:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44352This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/443522016-12-07T03:59:52ZKEMAMPUAN MEMPARAFRASEKANTEKS
TEMBANG MACAPAT SISWA KELAS II
SLTPNEGERI 1 KLATENKEMAMPUAN MEMPARAFRASEKAN TEKS TEMBANG MACAPAT
SISWA KELAS II SLTP NEGERI 1 KLATEN
Oleh Achsa Ardiana
NIM 08205241030
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan
siswa kelas II SLTP Negeri 1 Klaten dalam memparafrasekan teks tembang
Macapat. Kemampuan memparafrasekan teks tembang Macapat diukur berdasarkan
kelima variabelnya, yaitu kemampuan kesesuaian isi, organisasi isi,
kosakata, bahasa, dan penulisan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SLTP Negeri 1 Klaten
dari populasi 300 siswa, diambil sampel sejumlah 77 siswa. Pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik sampling kelompok berimbang acak
(proportional random sampling). Pengumpulan data diperoleh dengan tes. Media
yang digunakan adalah media audio, yaitu rekaman tembang Macapat yang
menjadi materi tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
instrumen tes. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Keabsahan data diperoleh melalui validitas isi dan validitas hasil. Penelitian ini
menggunakan reliabilitas stabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan siswa kelas II SLTP Negeri 1
Klaten dalam memparafrasekan teks tembang Macapat sebagai berikut: kesesuian
isi 81.17% (baik), organisasi isi 80.45% (baik), penggunaan kosakata 77.73%
(baik), penggunaan bahasa 75.12% (baik), dan kemampuan dalam penulisan
78.57% (baik). Diperoleh rerata keseluruhan variabel kemampuan sebesar 78.61%
(baik). Angka tersebut menunjukan kemampuan siswa dalam memparafrasekan
teks tembang Macapat tergolong baik.Achsa Ardiana