Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:16:10ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-25T00:57:40Z2019-01-30T11:27:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42728This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/427282016-10-25T00:57:40ZPENYELENGGARAAN PROGRAM PEMBELAJARAN BIDANG KEAHLIAN
TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK PN2 PURWOREJO TAHUN AJARAN
2013/2014PENYELENGGARAAN PROGRAM PEMBELAJARAN BIDANG KEAHLIAN
TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK PN2 PURWOREJO TAHUN AJARAN
2013/2014
Oleh:
Vica Candra Ardian
NIM 10504244024
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keberhasilan SMK PN2
Purworejo dalam penyelenggaraan Kelas Teknik Sepeda Motor ditinjau dari
komponen siswa, guru, kurikulum, pembiayaan, sarana dan prasarana, proses
pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran. (2) Mengetahui kendala yang
dihadapi pada penyelenggaraan Program Kelas Teknik Sepeda Motor SMK PN2
Purworejo
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan pendekatan
kuantitatif dan bersifat ex-post facto. Penelitian ini dilakukan di SMK PN2
Purworejo Kelas X Program Keahlian Teknik Sepeda Motor. Populasi dan
sekaligus sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian
teknik sepeda motor yang berjumlah 64 siswa. Data dikumpulkan
menggunakan angket dan dokumentasi. Validasi isi dilakukan dengan expert
judgment. Validasi konstruk dilakukan dengan analisis validitas dan analisis
reliabilitas ditentukan dengan rumus alpha cronbach. Data dianalisis dengan
analisis deskriptif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dilihat dari semua faktor
pembentuknya didapat hasil, Kesiapan pada Karakteristik siswa termasuk
dalam kategori baik (37%), Kualifikasi guru semua guru pengampu sudah
memenuhi standar minimal kualifikasi guru, Kompetensi Guru dalam kategori
baik kompetensi sosial (93,75%), kompetensi profesional (78,12%),
kompetensi keperibadian (84,37%), dan kompetensi pedagogik (65,62%),
Kurikulum menggunakan kurikulum KTSP, Pembiayaan dalam keadaan baik
dengan sumber biaya dari pemerintah, yayasan dan siswa, sarana dan
prasarana dalam kategori sangat baik, hanya saja untuk luas ruangan praktek
belum sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, Proses pembelajaran
dalam kondisi sangat baik (41%), dan Penilaian dalam kondisi baik dengan
rata-rata 7,00, dari data tersebut bisa disimpulkan bila penyelenggaraan kelas
keahlian teknik sepeda motor di SMK PN2 Purworejo sudah berhasil dan
berjalan lancar. (2) Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa kendala
yang dihadapi dalam penyelenggarahan kelas keahlian teknik sepeda motor
yaitu pada MOU (Memorandum Of Understanding) yang belum dibuat dengan
perusahaan kendaraan bermotor sehingga belum terjaminnya lulusan Teknik
Sepeda Motor yang langsung dapat diterima di dunia Industri.
Kata kunci: PenyelenggaraanVica Candra Ardian