Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:20:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-29T04:07:35Z2019-10-01T11:46:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32180This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/321802016-04-29T04:07:35ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA
Jl. Nyi Pembayun No. 39 Kotagede YogyakartaPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah
dilaksanakan oleh mahasiswa pada 10 Agustus-12 September 2015. Kelompok
PPL di lokasi ini terdiri dari 28 mahasiswa dari 12 program studi. Tujuan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki
pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan
lainnya di sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan
potensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional dan memiliki
pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang memadai. Kegiatan yang telah
dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal
evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah.
Praktik mengajar dimulai pada tanggal 12 Agustus 2015 sampai dengan 11
September 2015, dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan perminggu dengan
rincian sebagai berikut: 4 kelas X dengan pelajaran teori, 3 kelas XI dan 3 kelas
XII dengan pelajaran praktik secara team teaching. Setiap pertemuan berdurasi
dua jam pelajaran dengan satu jam pelajaran berdurasi 45 menit. Pokok bahasan
yang diajarkan untuk kelas X adalah Apresiasi Seni Tari, untuk kelas XI adalah
Pengenalan Tari Nusantara sedangkan untuk kelas XII yaitu Pengenalan Tari
Mancanegara. Apresiasi Seni Tari yang diajarkan meliputi pokok bahasan jenisjenis
tari menurut fungsi, unsure-unsur dalam tari, jenis-jenis tari berdasarkan
penyajian, tema dalam tari, periodesasi tari di Indonesia, pengenalan level dan
pola lantai dalam tari. Semua itu disampaikan dengan metode ceramah dan
berdiskusi. Pengenalan Tari Nusantara yang diajarkan meliputi pokok bahasan
Tari Yospan dari Papua, sedangkan Pengenalan Tari Mancanegara yang diajarkan
meliputi pokok bahasan Tari Polandia.
Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat
adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing
selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama
berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga
memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terlaksananya program PPL ini
juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah
memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk
mengembangkan potensi yang dimilikinya.Aprilia Jinah Maryati Aprilia Jinah Maryati