Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:03:19ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-30T01:10:52Z2019-01-30T09:22:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33471This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/334712016-05-30T01:10:52ZPENGARUH PEMAHAMAN WORK PREPARATION SHEET TERHADAP
HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA BUBUT SISWA KELAS XI
DI SMK N 2 WONOSARIPENGARUH PEMAHAMAN WORK PREPARATION SHEET TERHADAP
HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA BUBUT SISWA KELAS XI
DI SMK N 2 WONOSARI
Oleh:
Lukman Budi Anto
NIM. 11503241032
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) Pengaruh
pemahaman work preparation sheet dengan hasil belajar siswa kelas XI Teknik
Pemesinan; (2) Perbedaan hasil belajar praktik di SMK N 2 Wonosari; (3)
Persepsi siswa terhadap pemanfaatan work preparation sheet.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan
metode penelitian Quasi Experimental Design yang pelaksanaannya
menggunakan jenis Nonequivalent Control Group Design yang membandingkan
kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini
adalah kelas XI yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah siswa 96 orang. Sampel
penelitian ini dipilih dengan simple random sampling, dimana sampel dipilih
secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu, dengan
sampel yang terpilih adalah kelas XI MA dan XI MB. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan tes, kuesioner dan dokumentasi. Analisis
dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan uji beda (t test).
Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Pemahaman work preparation
sheet secara signifikan berpengaruh positif terhadap hasil belajar praktik kerja
bubut dengan sumbangan sebesar 53,5% dan meningkatkan 2,417 tiap satu
satuan tingkatan; (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan work
preparation sheet (kelompok eksperimen) diperoleh rata-rata nilai praktik
membubut sebesar 87,561. Sedangkan hasil belajar siswa kelompok kontrol
diperoleh rata-rata nilai sebesar 79,968. Hasil belajar siswa kelompok
eksperimen secara signifikan terdapat perbedaan yang positif dengan kelompok
kontrol berdasarkan hasil uji beda sebesar -2,924; (3) Hasil persepsi siswa
terhadap pemanfatan work preparation sheet dalam pembelajaran praktik masuk
dalam kategori tinggi, dengan 6 responden dari total keseluruhan responden
sebanyak 10 siswa masuk dalam kategori tinggi.
Kata kunci: work preparation sheet, nonequivalent control group design ,kerja
bubutLukman Budi Anto