Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:49:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-17T03:16:05Z2019-01-29T21:18:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16900This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/169002015-04-17T03:16:05ZPERBANDINGAN PENINGKATAN MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI MUSIK MENGGUNAKAN MEDIA SIBELIUS 6 DI SMP NEGERI 1 WATESPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat siswa SMP Negeri 1 Wates terhadap pembelajaran seni musik sebelum dan setelah diberikan pembelajaran seni musik menggunakan media sibelius 6.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah true experimental design. Bentuk true experiment yang digunakan adalah pretest-post test control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wates yang mengikuti pelajaran seni musik sebanyak empat (4) kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel kelas VIII E dan VIII D sebanyak 53 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran seni musik menggunakan media sibelius 6 terhadap peningkatan minat siswa terhadap pelajaran seni musik di SMP Negeri 1 Wates. Hal ini dapat diketahui dari analisis kuantitatif yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata posttest pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen sebelum perlakuan (pretest) 130,76 dan setelah perlakuan (posttest) 137,04. Perubahan peningkatan pada kelompok eksperimen tidak terjadi pada kelompok kontrol, bahkan pada kelompok kontrol cenderung mengalami penurunan. Mean kelompok kontrol ketika pretest 129,3846 dan mean ketika posttest 125,2692. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji statistik Independent Sample t-Test terhadap gain score dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai t hitung yang diperoleh adalah 5,550 dan t tabel untuk dua ujung (2-tailed) adalah 2.00758. Nilai p yang diperoleh adalah 0,000, sedangkan nilai α adalah 0,05 (t hitung > t tabel) maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan minat siswa terhadap pelajaran seni musik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Yusril Aqil Anoraga