Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:52:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-24T07:51:17Z2019-10-01T11:46:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33255This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/332552016-05-24T07:51:17ZLAPORAN INDIVIDU
PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta memilih
SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai tempat pelaksanaan PPL. PPL di
lokasi tersebut telah terlaksana pada tanggal 10 Agustus 2015 – 12 September
2015 dan diikuti oleh 6 Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik
Informatika, 2 Mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Akuntasi, dan 3
Mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Akuntasi Internasional. Tujuan PPL
adalah untuk memberikan pengalaman nyata sebagai seorang guru sehingga
Mahasiswa siap menjadi tenaga kependidikan yang baik di bidangnya. Kegiatan
PPL meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Kegiatan PPL dimulai dari melakukan observasi di sekolah. Hal yang
diobservasi meliputi: kondisi sekolah dan proses pembelajaran. Hasil observasi
dipergunakan untuk membuat perencanaan sebelum kegiatan PPL dimulai.
Kegiatan berikutnya adalah pelaksanaan kegiatan PPL. Pelaksanaan kegiatan
dibagi dalam 2 kegiatan utama, yaitu Kegiatan Mengajar dan Kegiatan Non-
Mengajar. Kegiatan Mengajar meliputi: mempersiapkan materi, membuat RPP,
membuat media, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Kegiatan tersebut selalu
dikonsultasikan kepada Guru Pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan
(DPL) agar kegiatan yang dilaksanakan sesuai kebijakan sekolah. Kegiatan
tersebut untuk mengembangkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional. Kegiatan
Non-Mengajar meliputi: piket, apel, dan upacara. Kegiatan tersebut selalu
dikonsultasikan kepada Koordinator PPL Sekolah agar kegiatan yang
dilaksanakan berjalan lancar. Kegiatan tersebut untuk mengembangkan
Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian. Segala evaluasi yang diberikan
selalu diperhatikan dan diperbaiki Mahasiswa PPL.
Kegiatan Mengajar telah terlaksana sebanyak 9 kali pertemuan dengan 6 RPP
yang terdiri atas 2 materi, yaitu Menerapkan Fungsi Peripherial dan Instalasi PC
dan Melaksanakan Instalasi Sistem Operasi berbasis GUI dan CLI. Kegiatan
Mengajar tersebut dilaksanakan di kelas X TKJ. Dari hasil pelaksanaan Kegiatan
Mengajar sebagian besar siswa telah memenuhi KKM untuk materi Menerapkan
Fungsi Peripherial dan Instalasi PC dan sebagian besar tidak memenuhi KKM
untuk materi Melaksanakan Instalasi Sistem Operasi berbasis GUI dan CLI.
Untuk Kegiatan Non-Mengajar seluruh kegiatan telah terlaksana dengan lancar
sesuai rencana.Anno Harsoyo Anno Harsoyo