Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:29:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-03T03:44:08Z2019-10-01T11:46:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50231This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/502312017-07-03T03:44:08ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program wajib bagi setiap
mahasiswa kependidikan. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah mengembangkan
kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga
kependidikan. Kegiatan PPL bersifat aplikatif, yang dilaksanakan guna
mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus untuk
dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. PPL juga merupakan sarana belajar
menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang dimiliki
sesuai bidang masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan
pengalaman dan meningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan
belajar mengajar dan praktik persekolahan.
Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 di
SMP Negeri 2 Yogyakarta. Mahasiswa PPL bertugas untuk mempersiapkan
keperluanatau perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi
yangdiampu guru pembimbing. Guru pembimbing memberikan kesempatan
terhadapmahasiswa dalam mengelola kelas serta memberikanarahan dan bimbingan
kepada mahasiswa.Kegiatan PPL meliputi kegiatan yang diprogramkan oleh UNY,
kelompok maupun individu yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi,
pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar.
Hasil dari kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Yogyakarta antara lain praktik
mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 8 kali tatap muka di kelas VIII
dan VIII E. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Yogyakarta dapat
dilaksanakan dengan lancar berkat adanya komunikasi dan kerjasama yang baik
antara warga sekolah, kepala sekolah dan mahasiswa. Hal ini tidak terlepas juga dari
peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa PPL serta peran siswa
selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Dengan demikian, kegiatan PPL ini
diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah maupun kepada
mahasiswa sendiri untuk mengembangkan kemampuannya dan mengaplikasikan
pengetahuan pengalaman praktik mengajar di kelas agar dapat berguna dimasa depan.Annisa Nurrahmawati Annisa Nurrahmawati