Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:08:46ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-20T02:39:21Z2019-10-01T11:33:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48160This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/481602017-03-20T02:39:21ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Praktik Pengalaman Mengajar ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang diperoleh mahasiswa dari bangku perkuliahan sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual.
Secara umum, pelaksaan PPL meliputi empat tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Setelah memperoleh bekal dari kampus, kemudian mahasiswa diberikan kesempatan untuk terjun ke sekolah untuk mendapatkan pengalaman langsung. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP N 3 Pajangan, yang dilaksanakan mulai dari 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. SMP Negeri 3 Pajangan merupakan sekolah dengan ikon sekolah adiwiyata. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas. Pembelajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal enam kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran dikelas lebih dari enam kali pertemuan. Kelas yang diampu ada 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII B. Metode yang digunakan dalam pembelajaran dikelas, antara lain diskusi, observasi, penugasan, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, real object, slide power point, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Selain kegiatan belajar mengajar, ada kegiatan di luar jam mengajar seperti salam pagi, piket guru, upacara rutin hari Senin, upacara peringatan 17 Agustus, dll.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya disekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak. Berakhirnya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa semakin berperan sebagai fasilitator dan motivator dalam dunia pendidikan. Selain itu, semakin memiliki peranan menuju terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas bagi nusa dan bangsa.Annisa Fitri Sholikhah Annisa Fitri Sholikhah