Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:11:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-08-27T08:29:17Z2019-09-26T01:53:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65541This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/655412019-08-27T08:29:17ZPengembangan Model Pembelajaran Natural Messy Play untuk
Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 4-5 TahunPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis karakteristik model
pembelajaran Natural Messy Play dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak
usia 4-5 tahun; (2) Menghasilkan sebuah model pembelajaran Natural Messy Play
yang layak untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 tahun; dan (3)
menguji keefektifan dari model pembelajaran Natural Messy Play dalam
meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usai 4-5 tahun.
Penelitian ini menggunakan jenis research and development yang mengacu
pada 10 langkah model penelitian pengembangan Borg & Gall. Uji kelayakan
produk dilakukan oleh 2 validator yakni ahli materi dan ahli media pembelajaran.
Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun se-Kabupaten
Sleman yang terdiri dari 10 subjek uji coba lapangan awal/terbatas, 35 subjek uji
coba lapangan utama/diperluas, dan 75 subjek uji coba lapangan operasional.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara,
dan angket dengan desain equivalent time series design. Instrumen pengumpulan
data yang digunakan berupa pedoman wawancara studi pendahuluan, pedoman
observasi studi pendahuluan, angket validasi ahli, angket respon guru, pedoman
observasi respon anak, dan pedoman observasi kecerdasan kinestetik. Kelayakan
dari model pembelajaran Natural Messy Play dianalisis dengan mengkonversikan
skor kedalam 5 kategori kuantitatif. Keefektifitasan model pembelajaran Natural
Messy Play dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dengan melakukan
uji Kruskal Wallis dengan taraf signifikansi 0,05.
Penelitian pengembangan ini memperoleh hasil berupa: (1) model
pembelajaran Natural Messy Play dinyatakan sebagai sebuah model pembelajaran
berdasarkan karakteristik sintaks, sosial system, support system, dan peran guru; (2)
model pembelajaran Natural Messy Play dinyatakan layak digunakan berdasarkan
kriteria kelayakan oleh ahli materi, ahli media, respon guru, dan respon anak dengan
kategori sangat baik; (3) model pembelajaran Natural Messy Play dinyatakan
efektif digunakan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 tahun
se-Kabupaten Sleman berdasarkan analisis Hasil uji statistik Kruskal Wallis (taraf
sig. < 0,05) yang memperoleh nilai sig. 0,00.
Kata Kunci: model pembelajaran, Natural Messy Play, kecerdasan kinestetik.Aulia AnnisaPanggung Sutapa