Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:01:07ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-09T04:21:47Z2019-01-30T00:58:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23105This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/231052015-07-09T04:21:47ZIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MODUL DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI
PEMBUATAN POLA BUSANA ANAK
DI SMK N 3 PACITANIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MODUL DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI
PEMBUATAN POLA BUSANA ANAK
DI SMK N 3 PACITAN
Oleh:
Anita Fitria purnama
08513245007
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran langsung berbantuan modul dalam pencapaian kompetensi pembuatan pola busana anak siswa kelas 2 Busana 1 di SMK N 3 Pacitan; 2) Mengetahui peningkatan pencapaian kompetensi pembuatan pola busana anak melalui model pembelajaran langsung berbantuan modul pada siswa kelas 2 Busana 1 di SMK N 3 Pacitan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan di SMK N 3 Pacitan pada bulan Mei 2012, terdiri dari dua siklus, dengan tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas 2 Busana 1. Metode pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kemandirian, lembar penilaian unjuk kerja dan uji kelayakan modul. Uji validitas berdasarkan judgment expert dengan ahli model pembelajaran, ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran busana anak. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dipakai sudah layak untuk digunakan dan instrumen penilaian yang berupa lembar unjuk kerja.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa antusias mengikuti pembelajaran dan mandiri dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan modul serta adanya pencapaian kompetensi belajar siswa berdasarkan KKM, nilai rata-rata kelas setelah diberi tindakan siklus I sebesar 12.49% dari 68.87 (ketuntasan KKM : 54.8%) menjadi 77.29 (ketuntasan KKM : 83.9%), setelah tindakan siklus II meningkat 15.07% dari 77.29 menjadi 88.94 (ketuntasan KKM : 100%). Uraian di atas menunjukan bahwa model pembelajaran langsung berbantuan modul dapat diterapkan pada materi pembuatan pola busana anak dan dapat meningkatkan pencapaian hasil kompetensi belajar siswa.
Kata kunci: kompetensi pola busana anak, model pembelajaran langsung, media modul.Fitria purnama Anita