Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:13:53ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-04-13T02:31:47Z2019-01-30T16:17:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56602This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/566022018-04-13T02:31:47ZPENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ANGKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TUNAS IBU KALASAN SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan mengenal konsep angka anak melalui Alat Permainan Edukatif (APE) di Kelompok A TK Tunas Ibu Kalasan Sleman.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di TK Tunas Ibu Kalasan Sleman. Subjek penelitian ini adalah semua siswa Kelompok A TK Tunas Ibu Kalasan Sleman Semester I Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 16 anak, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Objek dalam penelitian adalah meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka melalui penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) kartu angka di TK Tunas Ibu Kalasan Sleman. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif teknik persentase. Indikator keberhasilan dalam peningkatan kemampuan mengenal konsep angka dinyatakan sangat baik dan berhasil apabila rata-rata semua indikator telah mencapai persentase ≥80% dengan kriteria sangat baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alat Permainan Edukatif (APE) kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka anak Kelompok A di TK Tunas Ibu Kalasan Sleman yang dilakukan dengan langkah-langkah: membagi anak menjadi 3 kelompok, mempersiapkan APE kartu angka dan benda yang akan digunakan sesuai dengan topik pembelajaran, menjelaskan cara melakukan kegiatan dengan menuliskan angka 1-10 di papan tulis, membilang dengan menunjuk benda, menghubungkan kartu angka dan benda sesuai dengan jumlahnya, kemudian anak melakukan kegiatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil kemampuan mengenal konsep angka pada Pratindakan sebesar 43,7% (kriteria cukup), lalu meningkat pada Siklus I sebesar 66,2% (kriteria baik) dan meningkat pada Siklus II sebesar 89,2% (kriteria sangat baik). Semua nilai pada Siklus II tersebut telah memenuhi target indikator keberhasilan yaitu ≥80%.
Kata kunci: mengenal konsep angka, Alat Permainan Edukatif (APE) kartu angkaKhoiriyyah Anisatulpaud@uny.ac.id