Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:04:17ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-11T01:30:02Z2019-10-01T11:45:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32534This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/325342016-05-11T01:30:02ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk
melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Tujuan utama
dari kegiatan PPL adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan
kemampuan, keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses
pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki
pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan
potensi yang ada dalam diri mahasiswa.
Kegiatan PPL UNY 2015 SMK PIRI 1 Yogyakarta diawali dari
penerjunan pada tanggal 10 Agustus 2015 oleh Dosen Pembimbing Lapangan
(DPL), kuliah Pembelajaran Mikro, observasi lingkungan pembelajaran, hingga
praktik belajar mengajar yang sebenarnya di SMK PIRI 1 Yogyakarta Jurusan
Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Kegiatan yang dilakukan selama PPL
antara lain persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan
alat pembelajaran dan melakukan evaluasi hasil belajar siswa. Adapun
administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP, silabus, lembar informasi
siswa, lembar kerja siswa, soal evaluasi dan administarasi guru yang lainnya.
Mata diklat yang diampu oleh praktikan adalah Teknik Alat Ukur (TAU) kelas X
Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Jumlah mengajar mahasiswa praktikan
dari awal penerjunan sampai batas akhir tanggal 10 Agustus 2015 sampai
tanggal 12 September 2015 adalah 5 pertemuan. Jadwal mengajar praktikan
adalah setiap hari sabtu dengan 6 jam pelajaran dimulai jam 07.00 sampai 12.00
WIB.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata
dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai
karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar
mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan
belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan
dunia pendidikan dimasa yang akan datang.Anisa Niti Rahayu Anisa Niti Rahayu