Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:58:50ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-20T07:24:29Z2019-01-30T04:27:40Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27233This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/272332015-10-20T07:24:29ZKEEFEKTIFAN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA
PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 NGADIREJO DAN SMP
ISLAM NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNGPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pengelolaan
sarana dan prasarana pendidikan yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian,
penggunaan, dan pengawasan sarana dan prasarana pendidikan di SMP N 1
Ngadirejo dan SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber informasi dalam
penelitian ini adalah dua orang kepala sekolah dan tiga orang pengelola sarana
dan prasarana pendidikan di SMP N 1 Ngadirejo dan SMP Islam Ngadirejo.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pencermatan
dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan model dari Miles
dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan sarana dan
prasarana di SMP N 1 Ngadirejo efektif, begitu pula dengan SMP Islam
Ngadirejo, perencanaan dilakukan dengan mengadakan analisis terhadap materi
pelajaran, mengadakan perkiraan biaya, menyusun prioritas kebutuhan,
penundaan pengadaan, dan menunjuk panitia pengadaan. (2) Pengorganisasian
sarana dan prasarana di SMP N 1 Ngadirejo efektif, demikian pula dengan SMP
Islam Ngadirejo. Sekolah memberikan struktur tugas yang jelas bagi setiap staf
pengelola sarana dan prasarana. (3) Penggunaan sarana dan prasarana di SMP N 1
Ngadirejo belum efektif, karena dari segi penyimpanan kurang representatif.
Sebaliknya, di SMP Islam Ngadirejo efektif, dibuktikan dengan penggunaan
sarana prasarana secara tepat dan efisien sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
(4) Pengawasan sarana dan prasarana di SMP N 1 Ngadirejo efektif, namun dari
aspek penghapusan belum efektif, karena tidak melakukan penghapusan barang.
Sedangkan di SMP Islam Ngadirejo efektif. Pengawasan dilakukan dengan
pengecekan, pemeliharaan, dan perbaikan secara rutin.Sari Anis Permana