Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:45:37ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-05T01:21:24Z2019-10-01T11:33:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45408This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/454082017-01-05T01:21:24ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
SMA NEGERI 1 GAMPINGPPL adalah praktik pengalaman lapangan yang merupakan suatu kegiatan
aplikatif yang dilakukan oleh mahasiswa di sekolah secara langsung. Dengan
kegiatan ini maka mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan
kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik. Di bangku perkuliahan
didapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik sehingga tujuan dari
kegiatan ini adalah mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik
kompetensi kepribadian ,pedagogik,profesional,dan sosial serta dapat mengasah
keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik
khususnya pembelajaran kimia.
Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini dilakukan di SMA N 1
Gamping ini di lakukan seki tar kurang lebih 2 bulan mulai dar i
tanggal 15 Jul i 2016 sampai 15 September 2016. Dalam kegiatan
PPL ini , terdapat beberapa kegiatan yang di lakukan oleh
mahasiswa yai tu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik
persekolahan atau praktik kegiatan sekolah.Kegiatan praktik mengajar di
kelas berupa prakt ik langsung mengaj ar di kel as dengan
dibimbing ol eh Guru Pembimbng yai tu Ibu Drs . MS. Ber tha
Tr i Mar t iningrum. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa
mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini
praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas XI yaitu kelas XI
IPA 1 dan XI IPA 2. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan
agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan
melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Kegiatan ini juga meliputi
piket guru dan Perpustakaan,
Setelah melaksanakan praktik mengajar di kelas dan melakukan
kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahasiswa
mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran kimia
dalam kelas yang ber jalan sesuai dengan RPP ( Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran) . Hambatan yang ada dapat
dipecahkan berkat beberapa bantuan dar i Guru pembimbing dan
DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) sehingga kegiatan PPL
dapat ber jalan dengan lancar dan member ikan manfaat yang
banyak untuk mahasi swa calon pendidik.Fitriarachma Anindya