Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:05:52ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-09T03:37:50Z2019-01-30T00:58:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23092This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/230922015-07-09T03:37:50ZPersepsi Guru tentang Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja
Guru Menuju Keberhasilan Ujian Nasional di SMK 1 Sedayu BantulPersepsi Guru tentang Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja
Guru Menuju Keberhasilan Ujian Nasional di SMK 1 Sedayu Bantul
Angky Dewanti R.P
Abstrak
Keberhasilan sekolah mencapai tujuannya secara dominan sangat ditentukan oleh
pengelolaan sekolahnya, sedangkan pengelolaan sekolah yang berhasil sangatlah ditentukan
oleh kepemimpinan kepala sekolahnya. Proses pendidikan di dalamnya terdapat aktivitas
guru mengajar, peran serta siswa dalam belajar, sistem pengelolaan administrasi, serta
mekanisme kepemimpinan kepala sekolah merupakan hal yang perlu dioptimalkan fungsinya
agar kualitas pendidikan dapat ditingkatkan. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor
penting yang berpengaruh terhadap kinerja guru termasuk guru di SMK 1 Sedayu Bantul.
Penelitian ini dikaji dengan rumusan masalah sebagai berikut: Apakah terdapat
pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru berdasarkan persepsi guru di
SMK 1 Sedayu Bantul? Guna menjawab rumusan masalah di atas, penelitian ini dilakukan
dengan rancangan penelitian kausal-korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 1
Sedayu Bantul dengan populasi sebanyak 100 orang dan sampel 50 orang. Sampel diambil
dari guru di SMK 1 Sedayu Bantul. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
kuesioner atau angket sebagai instrumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala
sekolah terhadap kinerja guru dengan perolehan p hitung 0,000 < 0,05 yang menandakan
bahwa hubungan yang terjadi adalah signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat
dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) Untuk menumbuhkan kinerja guru yang tinggi
maka diperlukan kepemimpinan kepala sekolah yang baik. Kepala sekolah hendaknya dapat
memberi tauladan yang baik untuk mengoptimalkan kinerja guru, (2) Penelitian berikutnya
hendaknya menggunakan sampel yang lebih luas sehingga dapat meneliti dengan lebih baik
lagi, (3) Penelitian selanjutnya tidak hanya guru saja yang digunakan sebagai sumber
informasi, tetapi juga dari kepala sekolah agar sumber data lebih valid.
Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guruDewanti R.P Angky