Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:00:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-05-28T02:10:30Z2019-05-28T02:10:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64179This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/641792019-05-28T02:10:30ZKEMAMPUAN GURU PJOK SMP NEGERI DI KECAMATAN DEPOK,
KABUPATEN SLEMAN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kemampuan guru
PJOK SMP Negeri di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman dalam menyusun RPP
PJOK sesuai dengan komponen-komponen standar kurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan metode
penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah 7 orang Guru PJOK SMP Negeri di
Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Data yang diambil merupakan RPP Guru
PJOK, yang dinilai dengan menggunakan instrumen checklist RPP yang dituangkan
dalam presentase.
Hasil penelitian kemampuan guru SMP Negeri di Kecamatan Depok,
Kabupaten Sleman dalam menyusun RPP, yang terdiri dari berbagai aspek yaitu:
1) identitas mata pelajaran berada pada kategori “sangat baik”(100%); 2)
perumusan indikator berada pada kategori “sangat baik” (100%); 3) tujuan
pembelajaran berada pada kategori “baik” (42,86%) dan “sangat baik” (57,14%);
4) perumusan materi ajar berada pada kategori “baik” (14,29%) dan “sangat baik”
(85,71%); 5) pemilihan sumber dan media pembelajaran berada pada kategori
“sangat baik” (100%); 6) model pembelajaran berada pada kategori “baik”
(14,29%) dan “sangat baik” (85,71%), 7) skenario pembelajaran berada pada
kategori “sangat baik”(100%); dan 8) penilaian berada pada kategori “baik”
(57,14%) dan “sangat baik” (42,86%). Dengan demikian dapat disimpulkan RPP
PJOK yang dibuat oleh guru SMP Negeri di Kecamatan Depok, Kabupaten berkategori
“Sangat Baik” (100%).Ghaida Rose Angkawati