Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:05:24ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-28T03:46:55Z2019-01-30T01:25:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23924This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/239242015-07-28T03:46:55ZKESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROGRAM STUDI KETENAGALISTRIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUANPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROGRAM STUDI KETENAGALISTRIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Oleh :
Anggun Ratnasari
NIM. 11518241026
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada Program Studi Ketenagalistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan, (2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada Program Studi Ketenagalistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri atas: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan dan implementasi (development and implementation), dan (4) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Pengujian kelayakan
produk dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Evaluasi produk dibagi ke dalam uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan media pembelajaran interaktif keselamatan dan kesehatan kerja yang tepat pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik untuk Program Studi Ketenagalistrikan meliputi unsur materi pokok bahasan keselamatan dan kesehatan kerja, latihan soal evaluasi, objek tampilan media yang menarik dan sesuai dengan materi, tata
letak tampilan yang konsisten dan menarik, dan fungsi navigasi yang runtut; (2) hasil penilaian ahli media memperoleh skor 4,188 atau termasuk kategori
“layak”, dan penilaian ahli materi memperoleh skor 4,25 yang termasuk dalam kategori “layak”; (3) respon penilaian siswa terhadap media pembelajaran interaktif keselamatan dan kesehatan kerja pada uji kelompok besar memperoleh skor 4,046 yang menunjukan bahwa media pembelajaran dalam kategori “baik” sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, keselamatan dan kesehatan kerja,
SMKRatnasari Anggun